Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat tidak ada kerusakan yang disebabkan gempa 4,5 magnitudo dengan pusat gempa darat di wilayah Kabupaten Sukabumi pada Rabu,namun masyarakat diminta tetap waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya di Cianjur, Rabu, mengatakan getaran gempa dirasakan cukup kencang di sebagian besar wilayah Cianjur, terutama yang berbatasan dengan Sukabumi pada Rabu pagi.

Baca juga: BPBD Cianjur masih mendata dampak gempa Bandung

"Getaran gempa cukup keras dirasakan, terutama di wilayah perkotaan dan perbatasan dengan Sukabumi, sehingga kami menyebar petugas ke sejumlah wilayah untuk melakukan pendataan termasuk melibatkan relawan di setiap desa," katanya.

Laporan petugas hingga Rabu siang, kata dia, tidak ada kerusakan yang disebabkan gempa Sukabumi, namun sebagian besar warga sempat panik berhamburan keluar rumah dan bertahan di halaman selama beberapa belas menit karena takut ada gempa susulan.

Karena itu pihaknya meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panik ketika merasakan getaran gempa dan jeli membaca tanda alam akan terjadi bencana baik longsor atau banjir, agar dapat melakukan evakuasi secara mandiri.

"Saat terjadi bencana terutama gempa jangan panik, namun tetap waspada, segera keluar rumah atau mencari tempat aman agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan," katanya.
Sementara untuk penanganan cepat ketika terjadi bencana, terutama saat memasuki musim hujan, pihaknya menyiagakan seribu Relawan Tangguh Bencana (Retana) di setiap desa dan kecamatan untuk melakukan pengawasan dan pelaporan kondisi setiap harinya.

Sehingga, kata dia, saat terlihat tanda alam akan terjadi bencana, relawan dan petugas berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan tindakan, mulai dari peringatan hingga proses evakuasi guna menghindari jatuhnya korban jiwa saat bencana terjadi.

"Sudah beberapa pekan terakhir relawan disiagakan, terutama di sepanjang jalur lintas selatan, pesisir pantai, hingga perkampungan rawan bencana banjir dan longsor," katanya.

Baca juga: BPBD mengerahkan 1.000 relawan lakukan pengawasan dampak gempa Bandung

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Meski getar gempa Sukabumi terasa, BPBD: Tak ada kerusakan di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024