Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk bantuan hibah atau pemberian insentif kepada guru Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) di daerahnya pada 2024.

Bupati Indramayu Nina Agustina di Indramayu, Kamis, mengatakan bahwa pemberian insentif ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pendidikan agama.

Baca juga: Pemkab Indramayu: 1.512 orang sudah mendaftar CPNS 2024

MDT, kata dia, memiliki peran yang sangat penting sebagai lembaga pendidikan non-formal yang turut mendukung peningkatan iman dan takwa masyarakat di Indramayu melalui pendidikan agama.

“Bantuan ini dapat digunakan secara maksimal untuk memajukan pendidikan di Indramayu serta mendukung visi daerah, dalam menciptakan generasi yang unggul dan bermartabat,” katanya.

Ia menuturkan nantinya sekitar 3.611 guru MDT yang bukan berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indramayu, menerima insentif sebesar Rp300.000 per bulan.

Selain itu, Nina menyebutkan kalau pemberian insentif ini juga telah berjalan sejak Maret hingga Juni 2024 dengan total anggaran mencapai Rp4,33 miliar.

Ia menjelaskan pemberian hibah ini telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2023 tentang Bantuan Pendidikan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dalam bentuk hibah untuk guru madrasah.

“Dana hibah ini diharapkan dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan dengan baik, serta menjadi motivasi untuk terus memajukan pendidikan di Indramayu,” ujar Nina.
Sementara itu Ketua (FKDT) Kabupaten Indramayu Aspuri menjelaskan kalau kebijakan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah, guna memperbaiki kualitas pendidikan agama serta meningkatkan kesejahteraan para guru.

Dia menambahkan di Kabupaten Indramayu, terdapat 992 MDT, dengan total jumlah siswa yang belajar mencapai 98.190 orang, sedangkan guru yang mengajar sebanyak 6.087 orang.

“Insentif untuk periode Juli-September 2024 akan segera dibayarkan. Bantuan ini sangat membantu meningkatkan kesejahteraan para guru,” tuturnya.

Baca juga: Disnaker Indramayu menggelar bursa kerja sediakan 2.890 loker

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024