Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menggelar bursa kerja dengan menyediakan 2.890 lowongan kerja (loker) sebagai bagian dari upaya untuk menekan angka pengangguran di daerah tersebut.
 
“Kegiatan bursa kerja atau job fair ini menggandeng 33 perusahaan dan tiga lembaga pelatihan kerja (LPK) dalam pelaksanaannya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu Nonon Citra Wulandari di Indramayu, Rabu.

Baca juga: Pemkab Indramayu: 1.512 orang sudah mendaftar CPNS 2024
 
Ia mengatakan penyelenggaraan job fair ini, menjadi sarana untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.
 
Dengan begitu, kata dia, upaya penempatan calon tenaga kerja bisa dilakukan secepat mungkin sehingga mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Indramayu yang masih tinggi.
 
“Pencari kerja sering kesulitan mengakses informasi lowongan. Di sisi lain, perusahaan juga kesulitan memenuhi tenaga kerja yang sesuai persyaratan. Job fair ini bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Indramayu Asep Kurniawan menyebutkan pelaksanaan bursa kerja ini dipusatkan di Alun-alun Indramayu yang berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 18 hingga 19 September 2024.
 
Selain pameran loker, lanjut dia, acara ini juga menghadirkan gerai khusus dari Disnaker Kabupaten Indramayu yang memberikan layanan terkait pembuatan persyaratan ketenagakerjaan hingga kegiatan talkshow.
 
“Kegiatan ini menjadi salah satu solusi konkret dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Indramayu, serta memperkuat kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat,” katanya.
 
Ia menyebutkan bahwa pencari kerja juga bisa mendapatkan informasi dan tips penting, mengenai dunia kerja yang dapat membantu mereka untuk mempersiapkan diri.
 
Pihaknya mempersilakan masyarakat, khususnya generasi muda untuk segera melamar pekerjaan pada gelaran job fair ini sesuai minat dan kompetensi yang dimiliki.
 
“Pemerintah Kabupaten Indramayu berkomitmen menciptakan lebih banyak lapangan kerja dengan membangun kawasan industri Losarang seluas 1.000 hektare yang akan menampung 35 industri penanaman modal asing (PMA),” ucap dia.

Baca juga: Indramayu beri perlindungan sosial kepada 7.948 perangkat desa

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024