Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar pendidikan politik bagi masyarakat untuk menjaga proses menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 berjalan dengan kondusif.

"Sepanjang sejarah pemilu ataupun pilkada di Kota Bandung selalu berjalan kondusif. Terakhir pada Pemilu Februari 2024, kita bergandengan tangan untuk mewujudkan itu dengan damai dan sejuk," kata Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Kamis.

Baca juga: Pemkot Bandung sediakan kuota bagi 25 pasangan untuk nikah massal gratis

Bambang menyebut seluruh masyarakat Kota Bandung adalah pelaku sejarah pada pilkada mendatang. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak bahu membahu mewujudkan pilkada serentak yang damai dan sejuk.

"Kita adalah pelaku sejarah dalam perjalanan demokrasi sepanjang 79 tahun Indonesia berdiri. Untuk pertama kalinya pada tahun 2024, pilkada dilaksanakan serentak," kata Bambang.

Dia mengatakan kesuksesan pelaksanaan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan penyelenggara pemilu, melainkan juga menjadi tanggung jawab masyarakat secara penuh dalam berperan aktif menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing.

“Pemerintah kota sangat mendukung untuk menyelenggarakan pilkada pada tanggal 27 November mendatang, begitu juga dengan semua organisasi kemasyarakatan, semua partai politik dan semua elemen masyarakat untuk menyelenggarakan secara damai,” katanya.

Ia juga memberi pesan agar semua pihak bahu membahu meningkatkan angka partisipasi pemilih. Sebagai gambaran, pada Pemilu 2024, angka partisipasi pemilih Kota Bandung mencapai sekitar 82,9 persen.


“Hari ini kita mempunyai sebuah keinginan bahwa angka partisipasi pemilihan pada pilkada yang akan datang bisa di atas 90 persen,” kata Bambang

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung Sony Teguh Prasatya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan pendidikan politik ini, antara lain untuk meningkatkan kesadaran politik masyarakat mengenai pelaksanaan pilkada serentak yang damai, adil dan demokratis.

"Selain itu, untuk memberi informasi yang tepat mengenai hak dan kewajiban pemilih serta mendorong partisipasi aktif masyarakat Pilkada serentak 2024," ujar Sony.

Baca juga: Pemkot Bandung menggelar pangan murah bantu rakyat beli bahan pokok

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024