Kepolisian Resor Garut menggagalkan peredaran ribuan botol minuman keras oplosan berbahaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, termasuk satu orang diamankan untuk menjalani pemeriksaan hukum.

"Pelaku diamankan satu orang, ini (barang) juga sudah siap edar, sudah dikemas," kata Kepala Satuan Narkoba Polres Garut AKP Usep Sudirman di Garut, Rabu.

Baca juga: Polres Garut selidiki penyebab 3 pemuda tewas usai konsumsi miras

Ia menuturkan pengungkapan peredaran minuman keras oplosan yang sudah dikemas botol plastik itu berawal dari laporan masyarakat, kemudian dilakukan pengintaian sebelum akhirnya dilakukan penggerebekan.

Minuman tersebut, kata dia, berada di gudang tempat penyimpanan minuman oplosan di Perumahan Margahayu, Desa Margalaksana, Kecamatan Cilawu, Garut, dengan barang bukti yang ditemukan sebanyak 1.100 botol.

"Ribuan botol miras itu dikemas ke dalam botol air mineral tanpa merk, dan dibungkus ke sebuah kardus besar untuk mengelabui petugas," katanya.

Ia menyampaikan seluruh barang bukti minuman keras itu disita, berikut diamankan satu orang inisial IS yang diduga terlibat dalam penjualan minuman keras oplosan itu untuk proses pemeriksaan hukum lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan sementara, kata Usep, minuman keras oplosan itu akan diedarkan ke wilayah Kabupaten Garut, bahkan ke sejumlah daerah lainnya di luar kota.
"Selain diedarkan di Garut, diduga ini juga diedarkan sampai ke luar kota," katanya.

Ia mengatakan minuman keras oplosan itu berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia karena dalam setiap kemasan cairannya itu memiliki kandungan bahan yang tidak jelas dan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Adanya temuan penjualan minuman keras oplosan itu, Usep mengimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi minuman keras, dan segera melaporkan ke polisi apabila mengetahui adanya penjualan minuman keras maupun obat-obatan terlarang dan jenis lainnya.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga Garut agar melaporkan kepada kami apabila di lingkungannya ada indikasi jual beli minuman keras dan obat-obatan terlarang," katanya.

Baca juga: Polres Garut meningkatkan patroli cegah kebakaran hutan di Gunung Guntur

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024