Laboratorium penelitian bersama Indonesia-China untuk Material Energi Baru dan Teknologi Rekayasa Metalurgi berkelas internasional hasil kolaborasi Institut Teknologi Bandung (ITB), GEM, dan Central South University (CSU) siap beroperasi di Bandung, Jawa Barat.
 
Dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA pada Jumat, nantinya laboratorium ini akan memiliki dua pusat penelitian eksperimental teknik (Pusat Penelitian Teknologi Rekayasa Hidrometalurgi dan Pusat Penelitian Teknologi Rekayasa Material Energi Baru) ditambah dengan 12 laboratorium penelitian dengan total investasi mencapai 30 juta dolar AS atau setara dengan Rp464,1 miliar.
 
“Melalui kolaborasi laboratorium bersama ini, Institut Teknologi Bandung akan menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta inovasi di bidang ekonomi sirkular dan pembangunan berkelanjutan, sekaligus menjadi pusat keunggulan di Provinsi Jawa Barat dan Indonesia,” kata Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah.
 
Untuk melengkapi itu semua, laboratorium ini juga dibekali dengan lebih dari 300 set peralatan generasi terbaru di dunia, dan merupakan pusat pengujian dan penelitian teknik tingkat pertama di dunia untuk teknologi metalurgi dan penelitian material energi baru.
 
 
Dengan hadirnya berbagai teknologi canggih dalam laboratorium ini, nantinya berbagai perusahaan dapat secara efektif menyelesaikan penelitian teknologi utama dari seluruh rantai industri ekstraksi sumber daya mineral, sintesis bahan energi baru, daur ulang sumber daya, dan pengelolaan lingkungan, serta memiliki kondisi dan kemampuan untuk membina mahasiswa program magister dan doktoral tingkat tinggi.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga berperan sebagai Ketua Kerja Sama Indonesia dengan China, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa fasilitas ini merupakan hal yang penting untuk membangun kerja sama antara Indonesia dan China dalam membangun industri berkelanjutan.
 
“Pendirian laboratorium bersama ini datang pada waktu yang tepat dan merupakan praktik penting untuk merealisasikan diskusi antara pemerintah Indonesia dan China, dalam memperkuat kerja sama talenta industri antara China dan mitra-mitra utama Indonesia, di mana hal ini sangat penting untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penelitian yang inovatif,” ujar dia.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Laboratorium bersama Indonesia-China di Bandung siap beroperasi

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024