Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyalurkan bantuan 450 ekor kambing untuk kelompok peternak di sejumlah kecamatan di Cianjur, sebagai upaya meningkatkan hasil produksi peternakan sehingga dapat mencapai ketahanan pangan.


Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Senin, mengatakan Pemkab Cianjur tengah menggencarkan berbagai program peningkatan ketahanan pangan mulai dari wilayah utara hingga selatan, dengan cara memberikan bantuan mulai dari bibit hingga permodalan.

Baca juga: Cianjur siapkan 128 motor klinik untuk layanan cepat kesehatan

"Tidak hanya bantuan bibit, pupuk dan modal, pemkab juga memberikan bantuan hewan ternak hingga perahu untuk nelayan guna meningkatkan hasil produksi sehingga dapat menutupi kebutuhan pasar di Cianjur," katanya.

Dia menargetkan di tahun 2025 program ketahanan pangan di Cianjur dapat terpenuhi dari petani dan peternakan di tingkat lokal ketika berlebih dapat menyumbang kebutuhan pangan di wilayah lain di Jabar dan Jabodetabek.

Pemberian bantuan kambing untuk kelompok peternak ditargetkan mencakup seluruh kecamatan di Cianjur terutama yang memiliki potensi untuk pengembangan peternakan, termasuk pengembangan sapi pedaging dan susu.

"Kami juga akan memberikan bibit hewan ternak sapi untuk sejumlah kelompok di wilayah utara seperti Cipanas, Pacet dan Sukaresmi, harapan kami ke depan kebutuhan sapi saat hari raya kurban dapat dipenuhi dari tingkat lokal," katanya.
Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Cianjur Aris Haryanto mengatakan, untuk tercapainya ketahanan pangan dan peternakan di Cianjur, pihaknya juga telah menyerahkan bantuan perahu untuk kelompok nelayan tangkap di wilayah timur dan selatan.

Pihaknya mencatat setiap lebaran kurban angka kebutuhan hewan ternak di Cianjur lebih dari 2.500 ekor dan sekitar 1.000 ekor sapi selama ini dipasok dari luar kota Cianjur.

"Harapan kami bantuan hewan ternak yang diberikan dapat meningkatkan hasil produksi sehingga dapat memenuhi kebutuhan ternak di Cianjur, sehingga target ketahanan pangan dapat tercapai minimal untuk kebutuhan lokal," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur kucurkan anggaran Rp200 juta perbaikan gedung CCC

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024