Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bersama Bulog Cianjur menggelar pasar pangan murah di setiap kegiatan Desa Manjur Bungah Pisan guna menekan kenaikan harga kebutuhan pangan termasuk beras, cabai dan sayur mayur.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Sabtu, mengatakan untuk memenuhi kebutuhan pangan serta menahan laju inflasi seiring naiknya harga sejumlah komoditi seperti cabai, pihaknya melibatkan petani dan distributor sayur mayur dengan harga murah.

"Ketahanan pangan menjadi fokus pemerintah daerah dalam menjaga ketersediaan stok di tingkat lokal, termasuk membantu operasional petani dalam meningkatkan hasil produksi, sehingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi dari dalam Cianjur," katanya.

Selama digelar-nya program Desa Manjur Bungah Pisan, tutur dia, seluruh dinas dan OPD di lingkungan pemkab terlibat langsung sebagai pendamping dan pelayan masyarakat, sehingga berbagai keluhan dan kekurangan dapat ditampung guna dilakukan penanganan cepat.

Bahkan untuk menjamin ketersediaan stok pangan dengan harga murah dan terjangkau oleh masyarakat, pihaknya didampingi Bulog Cianjur yang selalu siap menyediakan berbagai kebutuhan pangan mulai dari beras, gula, terigu hingga cabai yang saat ini mengalami kenaikan menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

"Kami bersama Bulog Cianjur berupaya menekan kenaikan harga kebutuhan pangan, dengan m
enyiapkan stok dari petani binaan atau langsung dari gudang, termasuk upaya yang dilakukan dinas membeli hasil panen petani dengan harga tinggi dan menjual dengan harga rendah," katanya.

Pihaknya berharap seiring meningkatnya hasil produksi petani di Cianjur termasuk padi dan sayur mayur, dapat menekan laju inflasi serta kebutuhan pasar dapat terpenuhi dari dalam atau lokal Cianjur, ketika berlebih dapat memasok kebutuhan kota/kabupaten lain.

Kepala Bulog Cianjur, Renato Horison, mengatakan dalam kegiatan Desa Manjur Bungah Pisan, pihaknya menyediakan 2 ton beras dan ratusan kilogram kebutuhan pangan yang banyak dipesan warga seperti minyak goreng, gula, tepung terigu dan daging.

Sedangkan untuk kebutuhan lainnya seperti sayur mayur, cabai, bawang dan kebutuhan lainnya, Bulog bersama Dikoperindag dan Dinas Pertanian Cianjur, melibatkan petani binaan sebagai penyedia dengan harga di bawah pasaran.

"Kami siap membantu pemerintah daerah dalam menyediakan berbagai kebutuhan pangan termasuk untuk menekan kenaikan harga dengan menyediakan stok berlimpah dengan harga murah," katanya.                 

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024