Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menggelontorkan dana sebesar Rp17,3 miliar untuk pembangunan dan rehabilitasi sejumlah infrastruktur berupa jalan dan jembatan di wilayahnya pada 2024.

Bupati Indramayu Nina Agustina di Indramayu, Jabar, Kamis, mengatakan perbaikan infrastruktur dilakukan untuk mendukung kelancaran aktivitas serta kegiatan ekonomi warga di daerahnya.

Baca juga: Pemkab Indramayu menyerahkan 510 sertifikat PTSL pada warga

Sampai awal Agustus 2024, kata dia, proses pembangunan serta perbaikan infrastruktur sedang berlangsung dan dipastikan seluruhnya bisa diselesaikan hingga akhir tahun ini.

"Pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur ini kami fokuskan di daerah Gabuswetan. Kami sudah berkomitmen untuk mendukung aktivitas warga terutama sarana mobilisasi komoditas unggulan masyarakat," katanya.

Nina juga menyampaikan infrastruktur yang memadai merupakan kunci utama bagi kelancaran aktivitas warga serta mempercepat akses terhadap berbagai layanan publik.

Selain itu, ia menyebutkan dengan kondisi jalan yang baik, para petani dapat mengirimkan hasil pertanian mereka ke pasar dengan lebih cepat dan aman, sehingga bisa membantu petani mengurangi biaya akibat keterlambatan pengiriman.

"Dengan infrastruktur yang baik, distribusi komoditas pertanian ke pasaran bisa lebih optimal. Hal ini juga memastikan komoditas sampai ke pasar dalam kondisi segar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Indramayu Asep Abdul Mukti menjelaskan terdapat enam ruas jalan kabupaten di Gabuswetan, yang mendapatkan rehabilitasi dengan meningkatkan penggunaan materialnya.


"Kita melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi menggunakan beton serta hotmix jalan dengan material berkualitas," tuturnya.

Dia juga mengatakan ruas jalan yang sedang ditingkatkan itu meliputi jalur penghubung Curug-Drunten Wetan, Drunten Wetan-Kedungdawa, Gambreng-Sidamulya, Sekarmulya-Rancamulya, SP Gabus Kulon-SP Drunten Wetan, dan Sekarmulya-Kedokan Gabus.

Asep menambahkan ada pula jalan desa yang dilakukan rehabilitasi yakni jalan Desa-Babakanjaya, Drunten Wetan, Gabuskulon Blok Langgen Wetan, Kedokan Gabus, Kedungdawa I, Rancahan serta Rancamulya.

"Kami juga melakukan pembangunan jembatan yakni di lokasi Kali Prawan II dan pemeliharaan rutin jembatan Kali Kulon," ucap dia.

Baca juga: Indramayu baru pasang 270 unit dari rencana 1.646 unit lampu PJU

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024