Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, menyatakan Program Inovasi Berkolaborasi Terus Melayani atau Botram Masuk Desa menjadi salah satu akses mempermudah migrasi digital identitas kependudukan warga.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pada setiap kegiatan pelayanan publik ini berlangsung, baik Botram Masuk Desa maupun Botram Kecamatan, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kependudukan digital.

"Selain melayani secara fisik, bisa juga secara digital seperti identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)," katanya di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan Botram ini juga sekaligus sosialisasi menyangkut Identitas Kependudukan Digital (IKD) dengan menempatkan gerai khusus pelayanan digital milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.

"Kami sudah siapkan stan khusus identitas digital, bagaimana mereka kami berikan sosialisasi untuk bermigrasi dokumen dari KTP fisik ke KTP Digital maupun KK," katanya.

Pemerintah daerah (pemda) juga telah menyiapkan pelatihan khusus bagi petugas administrasi kependudukan di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan, yang akan menginformasikan tata cara pemindahan dokumen dari konvensional ke digital.


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024