Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan berbagai layanan kedinasan dalam kegiatan program "Desa Manjur" yang rutin digelar empat kali dalam sepekan untuk memudahkan warga dalam mengurus berbagai keperluan seperti administrasi kependudukan.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Kamis, mengatakan kegiatan Desa Manjur merupakan program pemerintah daerah selama empat tahun terakhir, dimana bupati berkantor dan berkegiatan langsung ke rumah warga termasuk menampung aspirasi dan keluhan.

Baca juga: Cianjur berikan pelayanan cepat dalam program Desa Manjur

"Kami libatkan semua dinas guna memberikan pelayanan langsung bagi masyarakat mulai dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sampai dengan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan," katanya.

Kehadiran dinas terkait dalam setiap kegiatan, dapat memudahkan warga dalam mengurus berbagai keperluan dokumen termasuk melakukan cek kesehatan dan pelayanan dokter langsung ke rumah warga yang sakit.

Termasuk bagi warga yang hendak membuat KTP dilakukan langsung petugas di kantor desa atau bagi warga lanjut usia dilakukan di rumahnya masing-masing serta KTP diserahkan ke alamat yang bersangkutan.

"Tidak hanya itu, bagi warga yang hendak membayar pajak atau membuat surat izin mendirikan bangunan, juga dilayani langsung dalam setiap kegiatan Desa Manjur, sehingga mereka tidak perlu jauh ke kantor dinas untuk mendapat pelayanan," katanya.

Bahkan dalam setiap kegiatan Desa Manjur, tutur dia pihaknya juga memberikan bantuan paket sembako bagi warga tidak mampu dan lanjut usia yang tidak mendapatkan bantuan sosial dilanjutkan dengan pendataan agar mereka menjadi penerima manfaat.

"Banyak keluhan yang kami terima dan langsung ditindak lanjut seperti sulitnya membuat KTP bagi lansia, banyak warga pra sejahtera yang tidak masuk dalam penerima manfaat bantuan sosial hingga proses pengajuan kartu kuning yang jauh ke pusat kota," katanya.
Pihaknya banyak mendapat masukan dan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan publik sehingga dalam waktu dekat akan membuka cabang pelayanan publik bersama di wilayah selatan, sehingga warga tidak perlu jauh datang ke kantor dinas di pusat Kota Cianjur.

Sejumlah warga di Kecamatan Tanggeung yang mendapat kunjungan Bupati Cianjur dalam kegiatan Desa Manjur, berharap kegiatan tersebut rutin digelar agar memudahkan warga dalam mengurus dokumen termasuk membuat Kartu Kuning atau kartu pencari kerja.

"Kalau bisa ada kantor cabang dinas di wilayah selatan, sehingga memudahkan warga dalam mengurus berbagai keperluan dengan dinas terkait seperti Disdukcapil dan Disnakertrans, kalau ke kota membutuhkan biaya yang mahal," kata seorang warga Titin Sutini (23).

Baca juga: Pemkab Cianjur berikan penghargaan dan sanksi bagi puskesmas terkait "Cekas Manjur"

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024