Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menggandeng sebanyak 41 perusahaan untuk menyerap ribuan tenaga kerja dalam bursa kerja (job fair) tahap satu, yang digelar pada 25-26 Juni 2024 di Grand Lodakarya Hall, Jalan Cicendo.

"Bursa kerja ini dari mulai dari perusahaan properti, hotel, ritel, perbankan, keuangan juga hadir. Kesempatan ini untuk meraih masa depan," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung Andri Darusman di Bandung, Jabar, Selasa.

Baca juga: Pemkot Bandung minta perkuat peran orang tua cegah anak judi daring

Andri mengatakan hadirnya bursa kerja kali ini mampu menyerap tenaga kerja dengan optimal. Tahun 2023 terserap 62,09 persen pencari kerja dan saat ini sudah bekerja melalui bursa kerja.

Ia menyebut pada bursa kerja tahap satu menyediakan jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 5.435 lowongan dengan target pengunjung mencapai 10.000 orang.

"Kita berharap tenaga kerja yang dapat diserap minimal 50 persen dari jumlah lowongan yang tersedia. Job fair ini juga dilaksanakan secara hibrid bekerja sama dengan Jobstreet," katanya.

Ia menegaskan kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis dengan scan barcode yang ada di instagram @bdg.disnaker untuk registrasi mengisi data diri atau kunjungi website disnaker.bandung.go.id.

"Bursa kerja tahun ini akan diadakan kembali dua kali. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan lulusan fresh graduate. Lulusan SMK atau SMA diharapkan bisa melamar jika tidak melanjutkan jenjang selanjutnya," kata dia.

Lebih lanjut, Andri mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan. Selain itu, membantu perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja baru.


"Diharapkan para pelamar dapat dengan kompetensinya dan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, profesional sesuai kebutuhan perusahaan," katanya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan Pemkot Bandung terus mendampingi dan memfasilitasi para pencari kerja salah satunya melalui bursa kerja.

Dia mengatakan hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam menekan angka pengangguran di Kota Bandung.

"Ini merupakan gelaran job fair yang pertama dan nanti yang kedua pada bulan September 2024 mendatang yang tentunya lebih banyak lagi formasi yang bisa diakses. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Bambang.

Baca juga: Pemkot Bandung gencar sosialiasikan terapi untuk cegah TBC

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024