Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, objek wisata di Cianjur terutama di wilayah selatan, ramai dikunjungi wisatawan terutama pemudik yang pulang ke kampung halamannya.

Kepala Disbudpar Cianjur Asep Suparman saat dihubungi, Selasa, mengatakan sekitar 1.000 wisatawan memadati objek wisata pantai di wilayah selatan Cianjur, seperti pantai Jayanti, Cemara, Sereg, Apra, dan objek wisata Karang Potong.

"Angka kunjungan didominasi pemudik yang pulang kampung ke wilayah selatan Cianjur, serta wisatawan dari kabupaten atau kota terdekat, seperti Bandung, Garut dan Sukabumi, pada hari pertama Idul Adha," katanya.

Pihaknya juga mencatat angka kunjungan mengalami peningkatan di sejumlah obyek wisata air terjun di wilayah selatan Cianjur, didominasi wisatawan luar kota dan pemudik yang pulang kampung seperti di Curug Cikondang, Citambur, dan Curug Dadali.

Untuk meningkatkan angka kunjungan ke destinasi wisata yang ada, pihaknya menggencarkan promosi melalui media sosial dan promosi langsung melalui pameran wisata tingkat propinsi dan nasional dengan target angka kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2024 sekitar 2 juta.

"Kami juga melibatkan penggiat media sosial hingga artis untuk mempromosikan destinasi wisata Cianjur yang banyak tersebar mulai dari Kebun Raya Cibodas, Gunung Padang, air terjun hingga wisata bahari di selatan Cianjur," katanya lagi.

Pengelola objek wisata di selatan Cianjur mencatat sepanjang libur hari raya kurban, angka kunjungan wisata didominasi pemudik yang pulang kampung pada hari H-2 Lebaran Kurban dengan angka kunjungan mencapai 1.000 orang per hari.
Sedangkan pada hari H Lebaran Kurban, angka kunjungan masih tinggi sekitar 800 wisatawan dari berbagai kota/kabupaten terdekat seperti Bandung, Garut, dan Sukabumi terlihat memadati objek wisata Pantai Jayanti, Cidamar, dan Karangpotong.

"Sejak H-2 sampai hari Lebaran Kurban, angka kunjungan masih tinggi, harapan kami angka kunjungan dari luar kota dapat terus meningkat seiring akses jalan yang baik dari arah Bandung atau dari arah Sukabumi," kata pengelola Karangpotong Deden (34).


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024