Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memastikan kebutuhan hewan ternak untuk kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi di wilayahnya bisa tercukupi dengan populasi sebanyak 315.941 ekor.
 
“Untuk kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Cirebon pada Idul Adha, kami pastikan aman dengan banyaknya populasi hewan ternak saat ini,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Cirebon Fitri Nurlia Sari, di Cirebon, Jumat.
 
Ia mengatakan populasi hewan ternak itu didominasi oleh domba atau kambing, sapi serta kerbau yang tersebar di beberapa wilayah di Cirebon.
 
Adapun rinciannya, kata dia, untuk sapi populasinya tercatat sebanyak 4.273 ekor dengan ketersediaan yang digunakan sebagai hewan kurban sekitar 1.938 ekor.
 
“Sedangkan kebutuhannya diprediksi 1.268 ekor untuk sapi yang dijadikan sebagai hewan kurban. Artinya jumlahnya ini sudah terpenuhi,” katanya lagi.
 
Ia menyebutkan untuk kambing atau domba di Kabupaten Cirebon, saat ini jumlah populasinya sebanyak 309.868 ekor dengan ketersediaannya mencapai 61.267 ekor.
 
Jumlah ketersediaan itu, kata dia, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban kambing dan domba yang diperkirakan sebanyak 5.691 ekor.
 
“Sementara untuk kerbau populasinya kurang lebih sekitar 1.800 ekor. Namun biasanya untuk kebutuhan sebagai hewan kurban, jumlahnya relatif sedikit,” katanya pula.
 
Pihaknya bakal mengintensifkan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang dijual kepada konsumen, guna menjamin proses pemenuhan daging kurban di Cirebon berjalan aman.
 
Selain pemeriksaan langsung, kata dia lagi, Distan Cirebon juga bakal mengoptimalkan fungsi fasilitas pusat kesehatan hewan yang berada di tiga wilayah di Kabupaten Cirebon.
 
“Kami saat ini memiliki kurang lebih 30 orang petugas, termasuk dokter hewan yang secara rutin memeriksa kondisi hewan kurban,” ujar dia lagi.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024