Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat menyebutkan jumlah hewan kurban di wilayahnya pada tahun 2024 diperkirakan meningkat 15 persen dibanding tahun 2023.

Kepala DKPP Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana di Kota Bogor, Senin, menyebutkan pada 2023 jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 316.265 ekor hewan, dengan rincian, 97.237 ekor sapi, 803 ekor kerbau, 172.440 ekor domba dan 45.785 ekor kambing

“Pada tahun ini diperkirakan ada kenaikan sebesar 15 persen untuk semua hewan kurban yang dipotong. Mudah-mudahan terealisasi karena hasil monitoring kami ke lapangan permintaan hewan kurban masih terus terlaksana,” jelasnya.

Di samping itu, Arifin menyampaikan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) yang melanda hewan ternak di Indonesia sekitar dua tahun lalu, saat ini sudah terkendali.

Ia mengatakan DKPP Provinsi Jawa Barat memiliki Tim Penyakit Menular Strategis yang memantau seluruh isu penyakit menular pada hewan.

“Di kita Jawa Barat itu kondisinya aman, hanya PMK saja. Kemarin juga ada LSD (lato-lato), tetapi sudah terkendali karena vaksin dan pengobatan tetap kita lanjutkan,” ucapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DKPP Jawa Barat sebut jumlah hewan kurban meningkat 15 persen

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024