Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan promosi wisata aman, nyaman dan bebas pungli sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan ke berbagai objek wisata di Cianjur sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Minggu, mengatakan, setiap libur akhir pekan dan libur panjang, angka kunjungan wisatawan ke Cianjur meningkat dari 15 ribu orang menjadi 20 ribu orang ke berbagai obyek wisata mulai dari utara hingga selatan.

"Laporan dari dinas terkait angka kunjungan cukup tinggi setiap libur panjang akhir pekan ke berbagai objek wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusatara, air terjun dan pantai selatan Cianjur," katanya.

Saat libur panjang akhir pekan atau cuti bersama angka kunjungan mencapai 200 ribu orang dari berbagai daerah di Jabodetabek, menghabiskan libur di berbagai obyek wisata di Cianjur dan membeli produk unggulan UMKM sebagai oleh-oleh ciri khas Cianjur.

Seiring tingginya angka kunjungan setiap libur akhir pekan dan libur panjang, pihaknya menggencarkan promosi tempat wisata di Cianjur, dengan melibatkan sejumlah rumah produksi dan media nasional, sehingga lebih dikenal kalangan luas hingga mancanegara.

"Berbagai paket wisata di tawarkan untuk wisatawan yang hendak berkunjung dan berlama-lama di Cianjur, upaya meningkatkan angka kunjungan dengan cara memperbaiki dan membangun infrastruktur sebagai penunjang, membuat wisatawan dengan mudah sampai ke objek wisata," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Asep Superman, mengatakan selain melakukan promosi diberbagai media, pihaknya juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi pelaku pariwisata di Cianjur termasuk masyarakat di wilayah objek wisata.
"Termasuk pembinaan terhadap warga agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke Cianjur, tanpa ada pungutan liar atau hal yang membuat wisatawan malas untuk datang dan merekomendasikan wisata di Cianjur," katanya.

Dia mencatat sepanjang tahun 2024, tingkat kunjungan wisatawan terus meningkat seiring berbagai promosi yang dilakukan, termasuk dengan menggelar agenda tahunan yang dapat mengundang wisatawan dari berbagai daerah termasuk luar negeri seperti festival bunga dan hari jadi Cianjur.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Cianjur gencarkan promosi wisata aman dan bebas pungli

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024