Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, menjamin pelayanan publik di seluruh instansi daerah berjalan normal serta seluruh aparatur sipil negara (ASN) telah masuk bekerja setelah libur panjang Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024.
 
Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Rabu, mengatakan pihaknya tidak menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) agar para ASN dapat mengakomodir keperluan masyarakat khususnya yang bersifat administratif.

Baca juga: Disbudpar: 50.749 turis berwisata di Kota Cirebon selama Lebaran

“Dengan mempertimbangkan situasi yang ada, kita tidak berlakukan WFH. Jadi semua pegawai di perangkat daerah sampai ke tingkat kelurahan, semuanya work from office (WFO),” katanya.
 
Ia menyebut, sudah meninjau langsung kondisi beberapa dinas, untuk memastikan layanan publik bagi warga terlaksana dengan baik setelah libur Lebaran.
 
Agus mencontohkan, masyarakat kini bisa menyambangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, untuk mengurus perekaman maupun pencetakan KTP serta dokumen lainnya. Sebab ASN di dinas itu telah bertugas.
 
Menurut dia, seluruh layanan publik seperti di bidang kesehatan maupun sektor lainnya sudah memenuhi standar sehingga banyak masyarakat yang terbantu.
 
“Kita ingin pastikan pelayanan di semua sektor, termasuk sektor di dinas itu sudah berjalan. Tingkat kehadiran dari semua pegawai juga sudah optimal, kecuali ada yang cuti,” ujarnya.
 
Selain itu, Agus mengaku sempat berdialog dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi dan mengetahui sejauh mana pandangan mereka terkait pelayanan di lingkungan Pemkot Cirebon.
 
Setelahnya, Pemkot Cirebon akan mengkaji saran serta keluhan dari warga itu guna meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik ke depannya.
 
“Banyak hal dan masukan, kemudian aspirasi yang disampaikan pengunjung terkait dengan pelayanan, khususnya di rumah sakit. Kami pastikan menindaklanjutinya,” tuturnya.
 
Sementara Penjabat Sekda Kota Cirebon Arif Kurniawan menambahkan pengecekan daftar hadir ASN secara daring maupun fisik di setiap kantor perangkat daerah, terus dilakukan agar mereka tetap bertugas usai libur Lebaran.
 
Ia juga menekankan seluruh kepala dinas dan instansi terkait harus melakukan pengawasan terhadap pemenuhan, serta pencapaian sasaran target kinerja yang telah ditetapkan.
 
“Kita lakukan pengecekan langsung di lapangan. Apabila ada ASN yang melanggar, akan diproses sesuai aturan,” ucap dia.

Baca juga: Wali Kota Cirebon minta pengolahan limbah di CSB Mall dievaluasi

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024