Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengajak seluruh warga untuk menjaga ketenangan dan keamanan lingkungan dengan tidak menyalakan petasan saat malam takbiran hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah karena dinilai mengganggu ketertiban umum.

"Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan bersih bagi seluruh warga Kota Bandung," kata Bambang di Bandung, Selasa.

Baca juga: Kota Bandung siapkan fasilitas penitipan kendaraan bagi pemudik

Bambang menilai suara yang ditimbulkan juga dapat mengganggu kenyamanan umat Islam yang tengah merayakan Hari Kemenangan.

Oleh karena itu, dia mengimbau seluruh warga Kota Bandung untuk menghadiri takbiran di masjid agar menjauhi kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban umum seperti konvoi kendaraan hingga menyalakan petasan.

"Kami mengimbau warga untuk menjaga ketenangan dan keselamatan dengan menghadiri takbiran di masjid-masjid terdekat. Hindari konvoi atau kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban,” kata dia.

Imbauan ini juga sebagai bagian dari upaya Pemkot Bandung dalam memastikan kelancaran ibadah dan keamanan selama perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Lebih lanjut, kata dia, aparat keamanan setempat akan melakukan pengawasan ketat untuk memastikan pelaksanaan imbauan tersebut.

Adapun Pemerintah Kota Bandung telah mengerahkan 704 personel pada sejumlah titik untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama libur Lebaran.


Bambang mengungkapkan personel yang siaga mulai dari Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga Dinas Kesehatan pada 3 - 18 April 2024.

"Saya yakin betul, bahwa Kota Bandung ini bisa diselenggarakan jauh lebih baik dengan sinergi dan kolaborasi. Kita harap momen Hari Raya Idul Fitri ini berjalan lancar," kata Bambang.

Bambang menyampaikan pengerahan personel itu sebagai bentuk upaya pemerintah memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif selama libur Lebaran tahun ini.

Baca juga: Pemprov Jabar gelar Shalat Id di Gasibu dan halal bihalal di Gedung Sate Bandung

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024