Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, memberikan pembinaan terhadap 60 anak yang berhadapan dengan hukum di wilayah setempat dalam program Pesantren Kilat.
 
"Pembinaan  selama 5 hari, kami namakan Pesantren Kilat Polresta Cirebon terhadap anak-anak yang berhadapan dengan hukum," kata Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni di Cirebon, Senin.
 
Kapolresta menjelaskan bahwa mayoritas peserta itu merupakan remaja yang diamankan oleh Polresta Cirebon di sejumlah lokasi karena terlibat tindakan negatif seperti tawuran dan membawa senjata tajam.
 
Selama pesantren kilat berlangsung, kata dia, puluhan remaja ini menerima berbagai materi seputar keagamaan hingga keterampilan praktis.
 
"Pembinaannya tidak hanya materi, tetapi tausiah dari pemuka agama dan keterampilan praktis berupa barista kopi,” ujarnya.
 
Sumarni menekankan bahwa Polresta Cirebon merealisasikan program tersebut supaya anak yang berhadapan dengan hukum bisa berubah serta tidak lagi terlibat tindakan negatif, khususnya aksi geng motor hingga tawuran.
 
Ia mengatakan bahwa mereka perlu mendapat pembinaan secara intens dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan serta norma sopan santun. Dengan demikian, anak-anak tersebut dapat memikirkan konsekuensi apabila melakukan tindakan yang melanggar hukum.
 
"Kalau kita serius dan optimis, anak-anak ini bisa kita bentuk menjadi sumber daya manusia yang tangguh dan unggul. Minimal mereka punya keterampilan untuk menghabiskan masa vakum mereka,” katanya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program ini karena bisa memberikan dampak positif untuk mengurangi remaja di daerahnya terganjal kasus hukum.
 
"Fenomena seperti geng motor dan bullying di kalangan anak-anak memang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pembinaan menjadi penting untuk mengarahkan mereka menjadi anak-anak yang positif," imbuhnya.
 
Ayu menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Cirebon pun berupaya keras dalam mencegah tindakan negatif dari remaja di daerahnya dengan memberikan wadah bagi mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih positif.
 
"Saya sangat berterima kasih kepada Ibu Kapolresta dan timnya atas inisiatif pembinaan anak-anak berkasus hukum ini. Ini pertama kalinya saya melihat pesantren kilat untuk mereka," ucap dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024