Antarajawabarat.com,28/8 - Pemerintah Provinsi Jabar membahas rancang bangun pembangunan terminal Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Kabupaten Majalengka yang menghasilkan dua konsep pilihan desain burung merak dan daun jati.

"Dari empat desain terminal BIJB yang ada, kami sepakat mengarah pada desain model merak dan daun jati," kata Kepala Dinas Perhubungan Jabar Deddy Taufik di Bandung, Rabu.

Ia menuturkan, desain pembangunan terminal BIJB Kertajati itu untuk sisi darat dengan besaran anggaran mencapai Rp4,2 triliun.

Deddy Taufik menjelaskan, penetapan desain yang akan digunakan terlebih dahulu disinergikan dengan maskapai yang akan menjadi pengguna bandara.

"Termasuk Provinsi Jabar memproyeksikan, pembangunan terminal akan berkonsep hijau," katanya.

Dalam upaya mempercepat pembangunan terminal itu, kata Deddy, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan maskapai yang akan menggunakan bandara untuk minta masukan dalam mematangkan desain terminal BIJB.

Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Jabar sedang membuat rencana terinci agar pembangunan sisi darat sudah dapat dilakukan 2015.

"Saat ini sedang membuat rencana terinci terminal, karena sisi darat pada 2015 sudah bisa dibangun," katanya. ***2***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014