Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bisa menghormati keputusan dari hasil penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2024 yang saat ini sudah melakukan rapat pleno tingkat kabupaten, sehingga saatnya kembali bersatu membangun bangsa yang lebih baik lagi.

"Saya percaya masyarakat Ciamis akan menghormati keputusan yang hari ini atau sampai penghitungan suara selesai semuanya akan menghormati, dan menerima dengan sebaik-baiknya," kata Herdiat saat membuka rapat pleno terbuka perolehan suara dan penetapan hasil pemilu tingkat KPU Kabupaten Ciamis di lapangan Tenis Indor Ciamis, Kamis.

Ia menuturkan saat ini KPU Kabupaten Ciamis mulai memasuki tahapan rapat pleno tingkat kabupaten yang sebelumnya secara bertahap dilakukan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februiari 2024, kemudian desa, dan tingkat kecamatan.

Rapat pleno yang digelar KPU Ciamis secara terbuka itu, kata dia, sebagai tahapan akhir pelaksanaan pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Ciamis yang selama ini setiap tingkatannya berjalan lancar dan aman.

"Pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara, baik KPU, Bawaslu, maupun juga para pimpinan partai politik. Alhamdulillah pemilu 2024 berjalan dengan lancar sesuai harapan," katanya.

Ia menyampaikan hasil keputusan rapat pleno nanti merupakan amanat masyarakat yang harus diterima secara bijak, dan dijaga bersama-sama untuk membangun bangsa yang lebih baik, khususnya dalam membangun Kabupaten Ciamis.

Dai mengatakan masyarakat ataupun pengurus partai politik yang tadinya berbeda pilihan saat pemilu 2024 maka tidak terus berkepanjangan, dan saat ini sudah seharusnya kembali bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
"Yang namanya demokrasi, berbeda pendapat itu wajar, tetapi yang menjadi masalah adalah setelahnya jangan sampai terus terjadi gesekan," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pemilu yang berjalan dengan aman pada setiap tahapan karena tidak terlepas dari peran Polri, TNI, dan juga semua elemen masyarakat Kabupaten Ciamis yang turut menjaga pemilu yang damai dan aman.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama menyukseskan pemilu 2024," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024