Antarajawabarat.com,24/7 - Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat menggelar Pasar Rakyat 2014 di tiga titik di provinsi itu yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.

"Kegiatan Pasar Rakyat ini digelar sinergi dengan program Pemprov Jabar dalam rangka menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang disubsidi oleh pemerintah," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar Anton Gustoni di Bandung, Kamis.

Tiga titik Pasar Rakyat 2014 itu adalah di di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Gelanggang Remaja Cisaat Kabupaten Sukabumi dan di Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut selama bulan Ramadhan 2014.

"Pasar Rakyat di Kabupaten Sukabumi, dilaksanakan Rabu (23/7) dan sekitar 1000 paket bahan pokok yang terdiri dari beras, minyak goreng, sardine dan lainya senilai Rp70.000, dijual dengan harga Rp15.000 kepada 1.000 masyarakat kurang mampu di desa-desa se-kecamatan Cisaat," kata Anton Gustoni.

Menurutnya, melalui kegiatan itu membantu masyarakat yang memiliki daya beli lemah untuk memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah.

Selain itu, kegiatan ini pula sebagai bentuk keberpihakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk membantu meringankan beban masyarakat menjelang lebaran.

Kegiatan ini pula terselenggara berkat kerjasama Dinas KUMKM Jawa Barat dengan Koperasi KPDK 12 Juli. Selain, paket bahan pokok murah di lokasi hadir mobil tukar uang lembaran baru dari Bank Indonesia, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan uang lembaran baru.

Sementara itu di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, paket kebutuhan pokok bersubsidi itu diserap oleh 2.088 orang yang bisa menerima manfaat dari kegiatan pasar murah ini.

Dari Dinas Koperasi, Indag dan UMKM Kota Bandung, Imas Masitoh mengatakan, Diskoperindag dan UMKM Kota Bandung selama Ramadhan 2014 telah melakukan OPM (Operasi Pasar Murah) sebanyak 6.000 paket, dengan harga yang separuh telah disubsidi oleh pemerintah kota.
"Rencananya kegiatan akan dilaksanakan hingga akhir Ramadhan 2014," kata Imas Masitoh.***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014