Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke seluruh gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Cianjur, dapat tuntas sesuai target selama lima hari atau Jumat (9/2).

Ketua KPU Cianjur, Muchamad Ridwan di Cianjur, Kamis mengatakan, pendistribusian logistik pemilu yang akan dipakai tanggal 14 Februari di 7.278 tempat pemungutan suara (TPS) hanya tinggal beberapa kecamatan di utara seperti Sukaresmi, Pacet, Cipanas, Cikalongkulon dan Cianjur.

"Untuk pendistribusian ke wilayah selatan sudah tuntas dilakukan dan logistik sudah tersimpan dengan aman di gudang PPK di masing-masing kecamatan, saat ini tinggal pendistribusian ke wilayah utara yang dipastikan tuntas besok (Jumat)," katanya.

Ridwan menjelaskan, pendistribusian sedikit terhambat karena cuaca ekstrem sejak beberapa hari terakhir terutama di wilayah utara karena hujan turun deras, sehingga proses menurunkan ke gudang kecamatan sedikit terhambat namun tidak terlalu berpengaruh.

Namun pendistribusian tetap tepat waktu, sehingga target lima hari pendistribusian dapat tercapai dan selanjutnya PPK akan mendistribusikan logistik untuk pemilu mulai dari kotak suara, surat suara dan format isian hingga tinta sudah dapat dilakukan satu hari menjelang pemilihan.

"Kami pastikan seluruh logistik untuk ribuan TPS pada tanggal 14 Februari sudah sampai dan pemilihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," katanya.

Seperti diberitakan KPU Cianjur, mulai mendistribusikan logistik untuk Pemilu tanggal 14 Februari dengan prioritas gudang PPK terujung terutama di wilayah selatan dan perbatasan wilayah utara dengan target lima hari tuntas, Senin (5/2).

Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan dan Wakil Divisi Logistik KPU Cianjur, Misbahudin, mengatakan selama dua hari pendistribusian difokuskan ke wilayah Cianjur selatan, sehingga kotak suara, surat suara dan peralatan pencoblosan sudah masuk gudang PPK.
"Logistik yang dikirim menggunakan truk bok dan truk dengan penutup menuju gudang logistik yang ada di delapan kecamatan di Cianjur selatan, seperti Kecamatan Leles, Sindangbarang, Agrabinta, Tanggeung, Cidaun, Cibinong, Cikadu, dan Naringgul," katanya.

Pendistribusian logistik pada hari kedua atau tanggal 6 Februari akan dilakukan ke Kecamatan Sukanagara, Campaka, Takokak, Kadupandak, Pagelaran, Campakamulya, Cijati, dan Pasirkuda dari gudang KPU Cianjur menggunakan 55 armada truk boks dan tertutup.

Sedangkan untuk wilayah Cianjur timur dan utara, pendistribusian akan dimulai tanggal 7 Februari dengan tujuan Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung, Mande, Sukaluyu, dan Haurwangi menggunakan 50 armada dari gudang KPU Cianjur.

"Untuk tanggal 8 dan 9 Februari tinggal pendistribusian ke PPK terdekat seperti Kecamatan Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Cugenang dan Cikalongkulon, Cianjur," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024