Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah menerima kedatangan ribuan surat suara pengganti yang ditemukan rusak untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Bandung untuk persiapan Pemilu 2024.

“Lima jenis surat suara yang mengalami kerusakan sudah dikirim penggantinya semua. Dimana sesuai dengan pendataan surat suara yang rusak yang kita minta,” kata Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Bandung, Dheny Irawan di Kabupaten Bandung, Senin.

Baca juga: KPU Kabupaten Bandung distribusikan 13,5 juta surat suara mulai 3 Februari

Dheny menjelaskan untuk surat suara yang rusak didominasi karena robek atau berlubang pada bagian foto maupun gambar partai sehingga terlihat sudah tercoblos atau warna yang pudar pada bagian logo sehingga tidak terlihat pada hasil sortir lipat sebelumnya.

“Yang pertama itu karena memang robeknya besar sampai dengan terkena garis foto atau nama atau gambar partai. Kemudian yang kedua itu ada lubang di salah satu nama paslon dan yang ketiga itu warna surat suara yang sudah pudar,“ katanya.

Surat suara pemilu untuk surat suara yang rusak tersebut, kata dia, sudah mendapatkan gantinya antara lain untuk pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 230 lembar, DPR RI sebanyak 2.832 lembar, DPD RI sebanyak 865 lembar, DPRD Provinsi Jabar sebanyak 4.478 dan DPRD Kabupaten Bandung 471 lembar.

Lebih lanjut, dia mengatakan setelah mendapat gantinya surat suara yang rusak dari KPU RI melalui KPU Provinsi Jabar, kemudian akan dilakukan sortir lipat berdasarkan jumlah yang diganti untuk memenuhi lima jenis pemilihan tersebut.

“Saat ini kami sedang melakukan penyortiran surat suara tambahan dari data kerusakan sebanyak total 8.876 surat suara,” kata dia.


Ia menambahkan apabila ditemukan kembali surat suara yang rusak, pihaknya akan langsung meminta kepada pihak KPU Provinsi Jabar untuk segera dikirimkan yang baru, agar proses pendistribusian ke panitia pemilihan kecamatan (ppk) tidak terlambat.

“Dalam proses pelipatan surat suara apabila ada yang kurang, itu bisa diminta lagi kekurangannya,” kata Dheny.

Dirinya memastikan seluruh logistik untuk Pemilu 2024 akan sampai di 11.034 tempat pemungutan suara (tps) di Kabupaten Bandung pada H-1 pencoblosan.

“Baru pada tanggal 11 Februari sampai 13 itu dari kelurahan dikirim menuju tps. Jadi kita berikan waktu dua hari untuk mendistribusikan logistik dari kelurahan ke tps,” katanya.

Baca juga: KPU Kabupaten Bandung sosialisasi pemilih Pemilu 2024 di Lapas Jelekong

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024