Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat menyalurkan beras program cadangan pangan pemerintah (CPP) kepada 37.078 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan ekstrem di wilayah itu.

Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan penyaluran bantuan pangan tersebut akan dilakukan selama enam bulan berupa beras sebanyak 10 kilogram per KPM dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang didistribusikan oleh PT Pos Indonesia.

Baca juga: Cimahi targetkan penerimaan pajak 2024 capai Rp203 miliar

"Penerima bantuan ini berdasarkan keluarga penerima manfaat yang bersumber dari data kemiskinan ekstrem. Oleh karena itu bantuan ini kita lakukan di tahap pertama di tahun 2024,” kata Dicky di Cimahi, Jumat.

Dicky menjelaskan pemberian bantuan beras CPP ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen dari pemerintah yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

“Mudah-mudahan ini akan memberi manfaat kepada masyarakat kita dan banyak yang bisa kita lakukan dalam upaya membangun ekonomi Kota Cimahi ini agar lebih baik,” kata dia.

Ia menambahkan setiap KPM akan mendapatkan 10 kilogram beras medium Bulog yang disalurkan langsung selama enam bulan bulan ke depan dari periode Januari hingga Juni 2024.

“Jadi mereka nanti akan mendapatkan enam kali,” katanya.



Selain itu, kata dia, penyaluran bantuan bantuan pangan di Kota Cimahi pada tahun ini mengalami peningkatan dari 34.725 menjadi sebanyak 37.078 KPM berdasarkan pendataan terbaru dari pemerintah pusat.

Ia menambahkan pemberian beras bantuan pangan yang mengalami peningkatan ini merupakan paya yang dilakukan untuk memperluas cakupan bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan.

“Ada perbedaan sedikit dibanding tahun kemarin karena ini masuknya data kemiskinan ekstrem yang sumbernya dari Kemenko PMK yang kita ikuti pendataan ini dari pemerintah pusat,” kata dia.

Baca juga: Cimahi mulai distribusikan SPPT PBB-P2 tahun ini kepada 117.535 wajib pajak

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024