Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Jawa Barat, melaporkan penyaluran bantuan pangan berupa beras pada alokasi bulan Januari 2024 bagi 612 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah kerjanya sudah mencapai 73 persen.
 
“Penyaluran dari gudang Bulog sampai pagi tadi sekitar 4.471 ton atau setara 73 persen. Kami pastikan dalam waktu dekat ini diselesaikan,” kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal saat ditemui di Cirebon, Kamis.

Baca juga: Bulog Cirebon tuntaskan penyaluran bantuan jagung akhir Januari
 
Imam menjelaskan dalam satu bulan alokasi pihaknya menyediakan sekitar 6 ribu ton beras dari cadangan pangan pemerintah (CPP), yang didistribusikan kepada seluruh KPM di Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka serta Kuningan.
 
Proses penyaluran ini, kata dia, dilakukan secara bertahap melalui PT Pos Indonesia sehingga penyebaran bantuan pangan tersebut dipastikan tepat sasaran.
 
Ia menyebut setiap KPM di empat kabupaten dan kota yang berada di wilayah kerja Bulog Cirebon, berhak mendapatkan beras ukuran 10 kilogram per bulan.
 
Sejauh ini, dia mengungkapkan proses penyaluran bantuan pangan tidak mengalami kendala apapun. “Satu bulan alokasi 6 ribu ton beras. Saat ini alokasi penyaluran di Januari sedang berlangsung,” ujarnya.
 
Menurut dia, pemberian bantuan ini merupakan penugasan langsung dari Badan Pangan Nasional untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan beras sekaligus sebagai upaya stabilisasi harga komoditas tersebut tetap terjangkau.
 
Imam menegaskan untuk penyaluran bantuan tahap pertama dilakukan selama periode Januari-Maret 2024, kemudian dilanjutkan dengan distribusi tahap kedua.
 
“Direncanakan ada dua tahap, jumlah penerima manfaat itu kurang lebih 612 ribu KPM,” ucap dia.

Baca juga: Bulog Cirebon salurkan 6.000 ton bantuan pangan tahap I 2024

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024