Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, Jawa Barat, memastikan bantuan pangan beras kualitas premium ukuran 10 kilogram mulai disalurkan secara tepat sasaran kepada 170.138 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 
 
Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi mengatakan bantuan beras ini disalurkan untuk alokasi tahap pertama dari program cadangan pangan pemerintah (CPP) yang diestimasikan selesai hingga Juni 2024.

Baca juga: Bulog pastikan beras oplosan di Majalengka bukan dari gudang wilayah Cirebon
 
“Bantuan ini bertujuan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan karena adanya kenaikan harga di pasaran,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Majalengka, Rabu.
 
Ia menyebut kebutuhan penyaluran beras setiap bulannya bagi seluruh KPM mencapai 1.700 ton bisa terpenuhi, karena jumlah komoditas untuk bantuan pangan yang ada pada gudang Bulog di Majalengka masih tersedia 3.800 ton.
 
Menurut dia, saat bantuan pangan itu disalurkan setiap KPM mendapatkan beras premium ukuran 10 kilogram per bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Selain membantu masyarakat, kata dia, penyaluran bantuan beras dari program CPP ini menjadi salah satu upaya dalam menstabilkan harga beras di pasaran tetap terjangkau sekaligus menekan inflasi.
 
“Ini merupakan peran pemerintah dalam menekan inflasi (di Majalengka),” ujarnya.
 
Dedi menyatakan adapun untuk teknis penyerahan beras premium itu disalurkan melalui PT Pos Indonesia, yang mendistribusikan secara langsung kepada penerima bantuan. 
 
Sementara itu Kepala Kantor Pos Majalengka Sri Handayani penyaluran bantuan pangan tahap pertama disalurkan secara bertahap di 26 kecamatan.
 
Sri menargetkan distribusi bantuan pangan tersebut bisa menjangkau semua KPM di Majalengka dalam waktu yang tidak terlalu lama.
 
Sebab, penyaluran perdana sudah dilakukan sejak 29 Januari 2024 yang difokuskan di enam kecamatan yaitu Dawuan, Kasokandel, Palasah, Maja, Argapura dan Banjaran.
 
“Kami mendistribusikan langsung, oleh petugas semua KPM yang ada di desa masing-masing,” ucap dia.

Baca juga: Polisi Majalengka bongkar dugaan pengoplosan beras Bulog jadi premium

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024