Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan pengiriman logistik Pemilu 2024  aman  karena dibungkus plastik rangkap dua.

Ketua KPU Cianjur, Muchamad Ridwan di Cianjur Senin, mengatakan pendistribusian logistik setelah tuntas dikemas dengan plastik rangkap seperti surat suara, kotak suara dan lembaran C plano serta logistik, dipastikan tidak tembus air.

"Untuk pendistribusian ke wilayah selatan menggunakan mobil boks dan wilayah utara menggunakan bak terbuka tergantung cuaca. Pengemasan yang dilakukan sudah lengkap untuk pencoblosan tanggal 14 Februari 2024," katanya.

Pendistribusian logistik untuk wilayah selatan Cianjur, tutur dia, akan berjalan mulai tanggal 5-7 Februari, sehingga dipastikan sudah sampai ke gudang PPK di kecamatan daerah pemilihan (dapil) V dan VI tiga hari menjelang pemilihan.

Pendistribusian ke gudang PPK di dapil IV, III, II dan I akan berjalan selama dua hari sejak tanggal 8-9 Februari, sehingga tiga hari sebelum pemilihan tanggal 14 Februari seluruh logistik untuk pencoblosan sudah sampai dan satu hari menjelang sudah masuk ke PPS di masing-masing desa di Cianjur.

"Seluruh logistik sudah masuk gudang PPK di seluruh kecamatan sebelum didistribusikan kembali ke PPS di tingkat desa, sehingga satu hari menjelang pencoblosan seluruh logistik sudah sampai ke setiap TPS," katanya.

Ridwan menambahkan, dalam pendistribusian logistik ke masing-masing wilayah pihaknya sudah berkoordinasi degan aparat dari Polres dan Kodim Cianjur, untuk melakukan pengawalan termasuk pengamanan logistik selama tersimpan di gudang PPK dan PPS.
"Kami juga berkoordinasi dengan Bawaslu Cianjur, untuk melibatkan seluruh anggota panwaslu di masing-masing kecamatan dan desa dalam mengawasi pendistribusian logistik dan menjamin keamanan logistik selama tersimpan di gudang PPK dan PPS," katanya.

Dia menambahkan, selama tiga hari ke depan pihaknya akan menuntaskan pengemasan logistik untuk Pemilu 2024 melibatkan seratus orang petugas yang merupakan staf KPU Cianjur dibantu warga sekitar gudang KPU Cianjur di Kecamatan Karangtengah, sebelum didistribusikan.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024