Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran Rp3,9 miliar untuk pembangunan pedestrian Siliwangi tahap II, sehingga jalur pejalan kaki yang menjadi obyek wisata baru di tengah kota itu akan memiliki panjang sekitar 1.000 meter.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu, mengatakan cukup puas dengan hasil pembangunan pedestrian tahap awal sepanjang 724 meter yang dilakukan pihak ketiga dari pengusaha lokal Cianjur, meski terdapat sejumlah catatan seperti pengecatan ulang trotoar.

Baca juga: Pemkab Cianjur pastikan pembangunan pedestrian Siliwangi tuntas September 2023

"Hari ini saya melihat langsung jalur pedestrian Siliwangi sebelum serah terima sementara pekerjaan atau provisonal hand over (PHO) dari pihak ketiga ke pemerintah daerah, untuk memastikan pembangunannya sudah sesuai dengan rencana," katanya.

Herman menjelaskan, melihat hasil pembangunan yang sangat maksimal sesuai rencana, pihaknya akan melanjutkan pembangunan pedestrian Jalan Siliwangi tahap II yang akan dilakukan proses lelang di awal 2024 dengan panjang sekitar 550 meter.

Pembangunan pedestrian yang menjadi obyek wisata baru di tengah Kota Cianjur, harus dibangun secara sempurna karena akan menjadi percontohan untuk pembangunan pedestrian di jalan lain di Cianjur.

"Setelah tuntas, pemerintah daerah akan menyiapkan beberapa lokasi untuk digunakan sebagai kantung parkir seperti di halaman Bale Rancage, gedung PDAM Jalan Siliwangi, dan Taman Kreatif Joglo," katanya.
Bahkan pihaknya juga akan membangun kios yang tertata dengan baik untuk pelaku UMKM dalam menjajakan dan mempromosikan hasil produknya, sehingga warga atau pendatang yang berjalan-jalan di sepanjang pedestrian dapat menikmati suasana kota Cianjur sambil berbelanja.

Kepala Bidang Preservasi Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Cianjur, Yayan mengungkapkan jika pedestrian tahap satu yang sudah dilakukan PHO kurang lebih sepanjang 724 meter di kiri kanan Jalan Siliwangi yang menghabiskan anggaran Rp 4,9 miliar.

"Bupati Cianjur yang langsung meninjau proses PHO merasa puas namun ada beberapa catatan seperti pengecatan yang harus diulang termasuk soal kebersihan pedestrian, saya sudah hubungi kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk memantau dan mengangkat sampah,” katanya.

Baca juga: Cianjur lanjutkan bangun pedestrian Jalan Siliwangi senilai Rp5 miliar

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023