Penjabat (Pj) Wali Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama jajaran Forkopimda memantau langsung pengamanan Natal 2023 di beberapa gereja untuk memastikan pelaksanaan ibadah berjalan lancar.

“Sebuah harapan besar bahwa perayaan Natal tahun 2023 ini betul-betul bisa dirayakan oleh umat Nasrani yang betul-betul damai, penuh sukacita dan kondusif,” kata Bambang di Bandung, Ahad malam.

Menurut dia, pengamanan di 150 gereja yang tersebar di Kota Bandung pada kebaktian dan misa perayaan Natal 2023 ini dilakukan personel Kodim 0618/Kota Bandung dan Polrestabes Bandung untuk bersama-sama menjaga kondusivitas keamanan.

“Kita bersama-sama lakukan upaya-upaya antisipasi, termasuk di antaranya yang jauh lebih penting menjaga kondusivitas dan juga kerukunan umat beragama,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya meninjau langsung ke sejumlah gereja. Di antaranya, Gereja Hok Im Tong di Jalan Cikapayang, Gereja GKI di Jalan Maulana Yusuf dan titik terakhir di Gereja Katedral di Jalan Merdeka.

Selain Pj Wali Kota Bandung, hadir pula Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan pihaknya telah melakukan penyisiran di tujuh gereja besar yang ada di Kota Bandung bersama Unit Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jabar untuk memastikan gereja yang nantinya dipakai ibadah aman dari gangguan.

"Kita bersama Jibom tadi lakukan pengecekan dan sterilisasi. Ada tujuh gereja dengan prioritas yang kita lakukan pengecekan," kata Budi.


Budi mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 1.560 personel gabungan dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Kota Bandung.

Ia menjelaskan ribuan personel tersebut akan ditempatkan di beberapa titik kemacetan, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian.

"Jumlah anggota ada 1.560, itu gabungan TNI Polri baik Polrestabes maupun Polda dan instansi terkait," katanya.*


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023