Pemerintah Kota (Pemkot) BandungJawa Barat telah menyalurkan donasi sebesar Rp1,7 miliar untuk warga Palestina yang didistribusikan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Satu di antaranya adalah menyerahkan bantuan dari warga Kota Bandung terhadap kepedulian warga yang ada di Palestina,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Senin.

Baca juga: Pemkot Bandung dan tokoh lintas agama doa bersama untuk Palestina

Bambang mengatakan, donasi tersebut terkumpul atas inisiatif masyarakat hingga dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bandung dalam meringankan beban dan kesulitan yang tengah dialami rakyat Palestina.

Penyaluran donasi ini ialah wujud solidaritas serta simpati yang mendalam terhadap banyaknya warga Palestina yang menjadi korban keganasan agresi negara Israel.

“Bantuan ini kami serahkan melalui Kementerian Agama yang selanjutnya diserahkan ke Baznas Kota Bandung. Nanti Baznas lah yang menyalurkan,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Baznas Kota Bandung, Akhmad Rozikin mengajak semua pihak menyisihkan rezekinya untuk saudara-saudara di Palestina.


“Jadi Baznas diberikan kewenangan untuk menghimpun seluruh donasi terkait donasi kemanusiaan Palestina itu berdasarkan edaran Baznas RI, kemudian di tingkat Kota Bandung telah ada edaran dari Pj wali kota terkait imbauan berdonasi untuk dana kemanusiaan itu,” katanya.

Terkait teknis penyalurannya, kata dia, donasi yang telah terkumpul akan diserahkan kepada Baznas RI untuk selanjutnya dikirim kepada pihak penerima manfaat di Palestina.

Adapun pihaknya masih membuka donasi bagi masyarakat yang ingin menyalurkannya melalui Baznas Kota Bandung dengan nomor rekening BSI 644.666.6606 atas nama Baznas Kota Bandung.
Baca juga: Ribuan orang dari pendidikan Pasundan doakan Palestina

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023