Bupati Cirebon Imron menyalurkan bantuan berupa belasan becak motor (bentor) kepada Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, agar kendaraan roda tiga itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk menjalankan kegiatan usaha dan pemberdayaan ekonomi umat.
 
“Bantuan 18 unit bentor untuk MWCNU di Cirebon ini sebagai ikhtiar guna memajukan perekonomian masyarakat di tingkat kecamatan. Ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemberdayaan,” kata Imron di Cirebon, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Kabupaten Cirebon salurkan beragam pangan murah guna stabilkan harga
 
Menurut dia, tidak hanya 18 unit saja,  dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bakal memberikan bantuan serupa yakni 22 unit kendaraan roda tiga untuk MWCNU.
 
Dengan jumlah itu, maka secara keseluruhan terdapat 40 unit bentor yang dialokasikan untuk MWCNU. Ia menyebut penyaluran bantuan ini sebagai upaya pemberdayaan kepada warga nahdliyin, sehingga mereka bisa memaksimalkan peran guna meningkatkan perekonomian Cirebon di tingkat kecamatan.
 
“Bantuan (bentor) ini harus bisa dimanfaatkan dan mudah-mudahan dengan adanya bentor ini perekonomian di Kabupaten Cirebon bisa maju lagi,” ujar Imron.
 
Ia mengatakan kegiatan penyaluran itu dilaksanakan pada Senin (4/12) kemarin, di halaman Kantor Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
 
Dengan adanya bantuan tersebut, ia mengajak seluruh warga nahdliyin khususnya, untuk bisa memanfaatkan belasan bentor itu guna menunjang kegiatan usaha kerakyatan dan memajukan perekonomian umat.
 
“Saya berharap, apa yang telah diberikan untuk warga nahdliyin khususnya bisa bermanfaat dan perekonomian masyarakat bisa maju,” tuturnya.
 
Sementara itu Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozie menyampaikan berbagai peluang usaha dapat dimunculkan setelah belasan bentor itu diberikan.
 
Peluang usaha itu sangat bervariatif. Namun, pihaknya menekankan supaya warga nahdliyin di Kabupaten Cirebon bisa menjadi roda penggerak dan pemicu terjadinya kegiatan ekonomi di skala paling dasar. Terlebih MWCNU merupakan struktur organisasi NU yang ada di tingkat kecamatan.
 
"Tujuan (bantuan ini) agar perekonomian di tingkat kecamatan-kecamatan bisa berkembang dengan baik. Selain itu, PCNU berharap peluang-peluang usaha juga bisa dibuka untuk memajukan perekonomian masyarakat, khususnya warga nahdliyin di Kabupaten Cirebon,” ucapnya. 

Baca juga: Investasi peternakan dan sektor lainnya di Kabupaten Cirebon terus tumbuh

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023