Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan bantuan 354 unit sepeda motor untuk menunjang kinerja aparatur desa terutama dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, Senin (27/11/2023) yang diterima secara simbolis dua orang kepala desa.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Senin, mengatakan pemberian ratusan sepeda motor untuk seluruh desa di Cianjur, sebagai penunjang bagi aparatur desa terutama kepala desa dalam melakukan kunjungan dan sosialisasi Pemilu 2024 hingga ke pelosok.

"Sepeda motor yang diberikan disesuaikan dengan letak geografis masing-masing desa, kalau yang jalannya landai diberikan motor matik kalau yang pelosok dengan jalan terjal diberikan sepeda motor jenis trail," katanya.

Sepeda motor yang diberikan dapat menunjang dan meningkatkan kinerja serta kegiatan aparatur desa yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat terutama menjelang Pemilu 2024 di mana kegiatan aparatur desa akan bertambah dengan memantau Tempat Pemungutan Suara dan pengawasan Pemilu 2024.

Sementara terkait pengelolaan keuangan desa seperti Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, pihaknya memberikan pelatihan bagi kepala desa agar mampu mengelola keuangan dengan transparan, akuntabel dan partisipatif agar tidak terjadi kesalahan dan penyalahgunaan.

"Kami berikan pelatihan bagi kepala desa se-Cianjur, agar dapat membuat pelaporan pengelolaan yang baik dan benar dengan niat ibadah setiap melakukan kegiatan positif membangun desa, agar tidak ada lagi desa yang bermasalah dan terjerat hukum," katanya.

Herman menegaskan, seluruh kepala desa di Cianjur harus mematuhi semua aturan yang berlaku terkait pengelolaan DD dan ADD di Cianjur.

"Jangan sampai menjadi masalah karena kurangnya pengetahuan terkait pengelolaan keuangan desa yang dilakukan kepala desa, sehingga saya minta seluruh kepala desa ikuti pelatihan selama tiga hari mulai 27 sampai dengan 29 November dengan narasumber dari Inspektorat, Kejaksaan, Kepolisian dan Kominfo," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023