Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, merevitalisasi Jembatan Kali Sadang yang berada di Pasar Rengas, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, dengan konstruksi bangunan percontohan sebagai upaya meminimalisir terjadi banjir.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan proses revitalisasi jembatan dilakukan lantaran semula di bangunan itu terdapat tiang penopang yang mengakibatkan penumpukan sampah akibat tersangkut hingga menyebabkan aliran air kali tersumbat.

"Jembatan Kali Sadang Pasar Rengas kita bongkar dan dibangun ulang dengan konstruksi lebih melengkung ke atas. Tujuannya sebagai solusi banjir yang diakibatkan konstruksi lama terlalu landai sehingga ketika air naik, sampah tersangkut, akhirnya mampet dan terjadi banjir," katanya di Cikarang, Rabu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (kiri) beserta jajaran saat meninjau progres revitalisasi Jembatan Kali Sadang di Pasar Rengas, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Dia menyatakan pembangunan jembatan baru ini merupakan upaya pemerintah daerah memitigasi bencana banjir yang kerap terjadi di kawasan pemukiman atau perumahan padat penduduk. Terlebih jembatan tersebut juga menjadi penghubung antara Kelurahan Wanasari dengan Desa Wanajaya.

"Selain jembatan ini menjadi lebih kokoh untuk menunjang mobilitas warga, jembatan ini juga akan dibangun di kedua sisinya," katanya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023