Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Cirebon menilai industri pariwisata di Kota Cirebon, Jawa Barat, sudah berjalan baik dan dapat ditingkatkan kembali dengan memanfaatkan fasilitas perhotelan untuk mendatangkan turis lewat skema "MICE".
 
"Wisata MICE ini mengoptimalkan fungsi hotel. Sekarang pun salah satunya kita memberikan contoh kepada industri bahwa hotel di Cirebon ini layak untuk mengadakan ajang besar," kata Ketua Kadin Kota Cirebon Ismayasari di Cirebon, Rabu.
 
Menurut dia, konsep wisata MICE adalah salah satu bidang industri pariwisata yang menghadirkan empat komponen meliputi pertemuan, insentif, konvens,i dan pameran.
 
Semua komponen itu, kata dia, sudah ada di Kota Cirebon dan berjalan cukup optimal sehingga pemda setempat tinggal mengemasnya untuk menarik minat turis berkunjung ke daerah tersebut.
 
"Kota Cirebon memiliki fasilitas pendukung industri seperti hotel-hotel, sehingga memungkinkan sektor pariwisata menjadi unggulan dalam bentuk wisata MICE," ujarnya.
 
Isma menyebutkan dari hasil pengamatannya, Pemerintah Kota Cirebon sebenarnya telah bergerak cepat untuk menangkap peluang itu dengan membentuk paket maupun kampung wisata.
 
Ia mencontohkan salah satu bukti tersebut yakni dengan hadirnya Kampung Wisata Kacirebonan yang memiliki daya tarik pada bangunan keraton bersejarah hingga atraksi kesenian. Keberadaan kampung wisata itu dapat mendorong masuknya wisatawan luar kota ke Cirebon.
 
"Dari segi pemerintah banyak tempat wisata yang dibuat. Misalnya Kampung Wisata Kacirebonan sama Keraton," katanya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya menyampaikan sampai Agustus 2023 jumlah kunjungan wisata di daerahnya tembus 2,2 juta turis.
 
Agus mengatakan angka itu didominasi kunjungan ke hotel-hotel hingga destinasi wisata. Pihaknya merasa optimis jumlah aktivitas turis di Kota Cirebon dapat melebihi target yang ditetapkan sebesar 2,4 kunjungan.
 
"Mayoritas wisatawan domestik. Kami optimis kunjungan itu meningkat," katanya.
 
Ia menambahkan selama ini destinasi kuliner dan sejarah menjadi ujung tombak bagi Kota Cirebon dalam mendatangkan turis. Terlebih daerahnya memiliki memiliki 61 cagar budaya, 42 objek diduga cagar budaya dan 236 karya budaya yang bisa ditawarkan sebagai daya tarik wisata.
 
"Kekayaan budaya dan potensi pariwisata di bidang sejarah untuk Kota Cirebon sangat tinggi," ucap dia.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023