Antarajawabarat.com,12/2 - Pengrajin kaos Suci Kota Bandung menargetkan pesanan kaos calon legislatif dan partai menjelang Pemilu 2014 mencapai lima juta potong.

"Pesanan kaos partai menjelang Pemilu ini cukup ramai. Kami optimistis tahun Pemilu tahun ini bisa mencapai lima juta potong," kata Ketua Koperasi Pengrajin Kaos Suci Bandung Marnawi Munamah di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan pesanan kaos caleg dan partai politik telah mengalir sejak akhir tahub lalu. Tak hanya dari Bandung dan daerah di Jabar, tetapi juga dari daerah lainnya di luar Jawa.
Ia menyebutkan momen pemilu merupakan gairah bagi para pengrajin kaos suci yang pada Pemilu 2009 lalu membukukan pesanan mencapai empat juta potong.

"Pemilu lalu pesana mencapai 3,5 juta potong, kali ini kami opimistis mencapai lima juta. Pesanan sampai awal Februari 2014 telah mencapai sekitar empat juta potong," katanya.

Para pengrajin kaos rata-rata telah memiliki jaringan pasar di tiap partai politik atau para calon legislatif.

Pemesanan lebih banyak dari caleg, rata-rata mereka memesan di atas lima ribu potong. Sebagian besar mereka memesan kaos dengan harga Rp10.000 per potong atau harga tereendah.

"Dibandingkan tahun sebelumnya memang ada kenaikan harga karena menyesuaikab dengan kenaikan harga barang baku," kata Marnawi.

Sedangkan pemesanan dilakukan langkah awal dimana uang muka order minimal 70 persen dari nilai order. Hal itu untuk memenuhi produksi khususnya pembelian bahan baku kaos dan sablon.

"Uang muka order mininal 70 persen dari total nilai pesanan. Itu biar aman dan kami tahu sama tahu," kata Marnawi.

Meningkatnya order, kata dia menyebabkan kesibukan pengrajin meningkat dan jam kerja ditambah hingga malam hari.

"Sebagian kami memaklun ke pihak ketiga, sesama pengrajin kaos," kata Marnawi menambahkan.***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014