Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan bahwa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yang kini diduduki oleh Muhammad Taufiq Budi Santoso sebagai Pj, akan berlangsung sampai terpilihnya penjabat definitif untuk posisi tersebut melalui lelang jabatan.

"Yang awal prosesnya merit, nah sebelumnya pak Setiawan Wangsaatmaja (sebagai Plh) hanya boleh dua kali perpanjangan dan usianya juga untuk menjabat struktural tidak memungkinkan. Jadi hari ini saya lantik Pj Sekda untuk berapa hari sampai definitif. Ini saya mintanya lelang terbuka jabatan (open bidding), dimulai lagi proses dari nol," kata Bey di Gedung Sate, Bandung, Selasa.

Bey menjamin dalam proses lelang jabatan tersebut, dari mulai pendaftaran sampai diumumkan akan dilakukan secara terbuka dan transparan meski membutuhkan waktu yang agak panjang.

"Kalau agak panjang emang ada beberapa aturan yang tidak boleh dilangkahi. Tapi yang jelas setiap tahapannya harus diumumkan secara terbuka. Intinya kami transparan," ucapnya.

Terkait dengan calon-calon untuk menjadi Sekda definitif, Bey mengatakan bahwa pihaknya yakin pendaftar dalam lelang jabatan ini akan banyak mengingat yang ditawarkan adalah untuk provinsi Jawa Barat.

"Saya yakin, karena Jawa Barat adalah provinsi yang besar dan sudah cukup maju, jadi akan banyak yang berminat mengisi jabatan Sekda. Memang pemilihan jabatan ini boleh terbuka, yang penting memenuhi persyaratan, mungkin (minimal) eselon 2A," tuturnya.

Muhammad Taufiq Budi Santoso sendiri pada hari Selasa ini, dilantik menjadi penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Jawa Barat, oleh Bey Triadi Machmudin di Gedung Sate, Bandung, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Bey menegaskan bahwa jabatan penjabat Sekda adalah sosok yang penting dalam mengelola roda pemerintahan di Jawa Barat dengan penduduk yang besar yakni hampir 50 juta jiwa.

Sehingga diharapkan Pj Sekda ini dapat menjadi motor dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan memastikan efektivitas serta efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

"Pemilihan Pj Sekda ini telah dilakukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi, integritas dan ini telah disetujui Berdasarkan Keputusan Menteri tanggal 3 Oktober 2023 perihal persetujuan pengangkatan pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, sehingga Kami yakin beliau adalah individu yang paling sesuai untuk memegang posisi ini," ucapnya.


 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023