Antarajawabarat.com,22/1 - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Subang, sejak empat hari lalu merupakan musibah banjir terbesar sejak tahun 2006.

"Ini (banjir di Kabupaten Subang), yang terbesar sepanjang sejarah Jabar. Katanya ada tanggul jebol, persoalannya saat ini bagaiamana memperbaiki dan evakuasi, bahwa ini banjir besar pasti ada sesuatu, selain curah hujan yang jauh lebih besar," kata Deddy Mizwar di Kabupaten Subang, Selasa.

Ditemui usai memberikan bantuan dan meninjau korban banjir di Masjid Besar Al Mukhlisin, Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Deddy mengatakan penanganan utama terkait banjir yang di Kabupaten Subang, saat ini ialah melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak dari musibah tersebut.

"Yang penting itu bagaimana pengungsi di sini, orang yang belum dievakuasi dimonitor, kemudian logistik kurang atau tidak," kata dia.

Dalam kunjungannya yang berlangsung sekitar satu jam, Wagub Jabar memberikan bantuan makanan siap saji dan obat-obat kepada ratusan pengungsi yang ada di Masjid Besar Al Mukhlisin, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.

Melihat kondisi akibat banjir di Kabupaten Subang, maka dirinya mengakui bahwa kedatangannya ke lokasi banjir tidak akan banyak membantu.

"Terus ngapain kita? Ngak bisa ngapa-ngapain kan kita (kalau ke lokasi banjir). Ya sudah, mendingan pada manusia-nya. Kalau saya mau lebih melihat gimana nasib manusia-nya," ujar Deddy.

Menurut dia, merupakan hal yang sulit untuk menghadapi kondisi alam sehingga lebih baik saat ini untuk fokus mengurus korban banjir.

"Jadi kalau alamnya ya udah biarinlah, karena tanggul jebol atau apa, mau diapain. Berenang saya juga enggak bantu masalah," ujarnya.

Yang penting saat ini, menurut dia, adalah bagaimana penanganan terhadap pengungsi akibat banjir di Kabupaten Subang.

"Jadi lebih baik memikirkan orang yang belum dievakuasi dimonitor, logistik kurang atau tidak," katanya.

***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014