Kepolisian Resor Tasikmalaya membagikan buku bacaan untuk anak-anak yang tinggal di sekitar Kampung Adat Naga, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka kepedulian Polri untuk meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat.

"Ada 1.200 buku yang kami bagikan untuk siswa SD di beberapa sekolah dasar," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto di Kampung Naga, Tasikmalaya, Jumat.

Baca juga: Polres Tasikmalaya gelar simulasi pengamanan antisipasi konflik pemilu

Ia menuturkan sebanyak 1.200 buku berbagai tema itu dibagikan ke sejumlah sekolah di Kabupaten Tasikmalaya, termasuk saat ini diberikan dengan sasaran anak-anak masyarakat adat di Kampung Naga, Kecamatan Salawu.

Buku yang dibagikan ke sejumlah sekolah dasar itu, kata dia, sebagai bentuk kepedulian Polri dalam meningkatkan budaya literasi pada anak-anak yang akhirnya bisa menjadi generasi bangsa yang hebat dan berkualitas.

"Ini sebagai bentuk kepedulian Polri untuk tingkatkan budaya literasi," katanya.

Pembagian buku gratis itu disambut antusias anak-anak pelajar sekolah dasar di Kampung Naga yang tidak hanya menerima sejumlah buku, tapi juga dengan tempat penyimpanannya.

Salah seorang anak penerima buku, Neng mengaku senang bisa mendapatkan buku bacaan secara gratis yang nantinya akan dibaca sehingga bisa menambah wawasan baru.
"Senang saya dapat buku pelajaran gratis, tambah lagi dapat buku tulis," kata Neng.

Pembagian buku gratis tidak hanya dilakukan jajaran Polres Tasikmalaya, tapi juga dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota yang menyiapkan sebanyak 1.742 buku berbagai tema mulai dari buku cerita anak-anak, motivasi, sejarah, hingga pengetahuan umum.

Baca juga: Personel polisi disiagakan amankan pilkades di Tasikmalaya

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin menyatakan, pembagian buku itu karena pentingnya membaca sebagai sarana mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas hidup yang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk membuka wawasan dengan meningkatkan minat baca.

"Melalui program ini, kami ingin memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan buku-buku yang bermanfaat. Kami berharap ini dapat mendorong minat baca dan menginspirasi masyarakat untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan," kata SY Zainal.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023