Bank Indonesia (BI) mengatakan inflasi terkendali dalam kisaran sasaran yang tercermin dari inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Agustus 2023 tercatat 3,27 persen secara year on year (yoy) sehingga tetap berada dalam target sasaran tiga plus minus satu persen.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan mempererat sinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam TPIP dan TPID dalam mengendalikan inflasi," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI September 2023 di Jakarta, Kamis.

Perry juga menuturkan inflasi inti tercatat sebesar 2,18 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 2,43 persen (yoy), sejalan dengan permintaan yang terkelola, ekspektasi inflasi yang terjaga, serta imported inflation yang rendah.

Kelompok volatile food tetap terkendali sebesar 2,42 persen (yoy) sejalan dengan kesuksesan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah dalam mengendalikan harga pangan.

Selain itu, inflasi kelompok administered prices terus menurun menjadi 8,05 persen (yoy), lebih rendah dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 8,42 persen (yoy).




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: Inflasi terkendali dalam kisaran target 3 plus minus 1 persen

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023