Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menambah jadwal pendistribusian air bersih ke sejumlah kecamatan terdampak kemarau hingga malam hari untuk memenuhi kebutuhan warga.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sukma Wijaya di Cianjur Rabu, mengatakan pendistribusian air bersih masih melibatkan lima truk tangki milik Kementerian PUPR dan PMI Cianjur yang beroperasi ke sejumlah kecamatan di wilayah utara, timur dan kota.

Baca juga: Polres Cianjur distribusikan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan

"Sejak beberapa hari terakhir kecamatan yang sebelumnya tidak terdampak mulai mengalami kesulitan mendapatkan air bersih seperti Kecamatan Pacet, Warungkondang, Campaka dan sebagian besar wilayah selatan, sehingga pendistribusian ditambah sampai malam," katanya.

Asep mengungkapkan dalam pendistribusian, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait termasuk Perumdam dan PMI Cianjur, membantu ke sejumlah kecamatan yang mengalami dampak kemarau, sedangkan di wilayah selatan pasokan air bersumber dari sumur bor dan pendistribusian dari kecamatan.

Pihaknya meminta warga untuk menyiapkan bak penampungan air cukup besar guna memudahkan pendistribusian yang dilakukan petugas dan relawan, serta seiring turunnya hujan selama beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah dapat ditampung warga untuk persediaan.

"Setiap harinya sekitar 200 ribu liter air bersih didistribusikan lima truk tangki milik Kementerian PUPR dan PMI Cianjur, ke sejumlah wilayah terdampak di wilayah kota, utara dan timur Cianjur hingga malam hari," katanya.
Kepala Markas PMI Cianjur, Fajar Aciana, mengatakan sejak beberapa hari terakhir pihaknya mendapatkan permintaan yang meningkat dari kecamatan yang sebelumnya tidak terdampak seperti Kecamatan Pacet, Warungkondang dan Campaka.

"Kalau dilihat dari permintaan setiap harinya lebih dari 12 kecamatan di utara dan timur yang mengalami dampak kekeringan, sehingga pendistribusian dilakukan sejak pagi hingga malam hari karena jarak yang cukup jauh," katanya.

Baca juga: PMI Cianjur distribusikan 1 juta liter air ke wilayah terdampak kekeringan

Setiap harinya untuk wilayah utara dan timur pihaknya dapat mendistribusikan 20 ribu liter air bersih ke tiga sampai empat kecamatan terdampak mulai dari Cikalongkulon, Cilaku, Cibeber, dan Sukaluyu.

"Setiap harinya pendistribusian dilakukan bergilir dari setiap kecamatan agar seluruh keinginan warga terpenuhi karena sebagian besar wilayah utara dan timur mengalami dampak kekeringan," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023