Antarajawabarat.com,27/12 -Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan Pameran Kerajinan Jawa Barat (PKJB) yang digagas oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan ajang promosi dan mengembangkan kerajinan khas Jabar.

"Dengan adanya uji publik seperti ini, Wagub mengharapkan kerajinan Jabar dapat terus berkembang dan dapat menembus pasar internasional," kata Deddy Mizwar, saat membuka acara tersebut.

Dengan demikian, kata Deddy, sektor kerajinan dapat menyerap tenaga kerja dan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat Jabar.

Menurut dia, kerajinan tangan termasuk ke dalam industri kreatif sehingga inovasi menjadi kunci agar kerajinan bisa terus berkembang.

"Jadi untuk produk-produk yang ditampilkan di sini tentunya sudah diberikan sentuhan inovatif, seperti kerajinan yang dibuat dari limbah batok atau kulit kerang," katanya.

Akan tetapi, kata Deddy, hingga saat ini banyak pihak yang menilai kerajinan tangan khususnya yang berbahan utama dari bambu masih kurang tereksplorasi dengan maksimal.

"Padahal bambu tergolong bahan baku yang sangat berlimpah. Untuk kerajinan dari bambu masih kurang, nanti kalau perlu kita buat festival bambu," kata dia.

PKJB tahun 2013 ini adalah gelaran kali ke-10 dan menampilkan produk-produk unggulan Jawa Barat yang lebih inovatif dari tahun-tahun sebelumnya diantaranya batik, makanan olahan khas daerah, kerajinan dari bambu, kayu.

Hadir pada acara tersebut pimpinan DPRD Provinai Jawa Barat, Sekda Provinsi Jawa Barat, Ketua KADIN Jawa Barat Agung Sutrisno, para Kepala SKPD terkait, serta Jajaran Dekranasda Kota/Kab se-Jawa Barat.***2***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013