Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat transaksi selama pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023 yang digelar selama satu hari diisi dengan jalan santai yang diikuti tiga ribu peserta dan bazar produk UMKM sekitar Rp1 miliar.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Minggu, mengatakan berbagai program guna meningkatkan ekonomi di seluruh wilayah Cianjur, pemerintah daerah menggelar berbagai acara termasuk kegiatan olahraga yang di kolaborasi-kan dengan kegiatan ekonomi.

"Tercatat selama kegiatan Haornas 2023 perputaran uang di lokasi acara sekitar Rp 1 miliar, karena kegiatan olahraga dikombinasikan dengan bazar UMKM dengan berbagai produk unggulan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga," katanya.

Khususnya ibu rumah tangga, ungkap Bupati Cianjur, mereka dapat mengikuti jalan santai dan senam pagi sambil berbelanja kebutuhan rumah tangga yang dijajakan pelaku UMKM di dua lokasi terpisah di Lapangan Prawatasari dan Taman Alun-alun Cianjur.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 3.000 peserta jalan santai dari berbagai kecamatan di Cianjur yang digagas KONI Kabupaten Cianjur itu, juga melibatkan lebih dari 500 pelaku UMKM dengan berbagai produk unggulan mulai dari jajanan sampai kerajinan tangan.

"Kami akan terus mengembangkan berbagai program yang dikolaborasikan dengan kegiatan bazar UMKM karena setiap kegiatan akan mendukung peningkatan perekonomian agar lebih maju, sehingga pelaku UMKM selalu mendapat pasar dalam setiap kegiatan," katanya.

Ketua KONI Cianjur, M Abdul Azis, mengatakan selama ini setiap kegiatan olahraga di tingkat kabupaten, pihaknya selalu berkolaborasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, termasuk Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Cianjur sebagai upaya pemulihan ekonomi.

"Kami selalu berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan angka kunjungan dengan menggelar kegiatan olahraga berskala regional setiap tahunnya, selain menjaring bibit atlit kami juga membantu program Pemkab Cianjur," katanya.
Pelaku UMKM peserta bazar Haornas di Lapangan Prawatasari, mengatakan selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan Pemkab Cianjur, setiap kegiatan respon yang cukup tinggi didapat dari peserta atau warga yang sengaja datang ke lokasi untuk berbelanja.

Pelaku UMKM Cianjur, Rebeca Sutanto, berharap pemerintah menggencarkan berbagai kegiatan serupa sebagai upaya membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan pasar yang lebih luas termasuk menggelar bazar khusus UMKM di setiap kecamatan.

"Kalau dihitung pendapatan dari setiap kegiatan bersama yang digelar Pemkab Cianjur, pendapatan kami meningkat hingga jutaan rupiah. Seperti kegiatan Haornas ini, kami dapat meraup keuntungan hingga belasan juta Rupiah dalam satu hari," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023