Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, sepanjang Agustus 2023 bencana yang terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat didominasi oleh kebakaran permukiman warga.

"Ada enam kejadian bencana yang terjadi pada Agustus tersebut yakni tiga kejadian kebakaran, kemudian cuaca ekstrem, longsor dan angin puting beliung masing-masing satu kejadian," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami di Sukabumi pada Selasa, (5/9).

Adapun rincian kejadian bencana antara lain, kebakaran terjadi di Kampung Pangkalan RT 03/05, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu yang dipicu percikan api dari tungku, kemudian kebakaran yang dipicu akibat korsleting listrik terjadi di Kampung Selakaso RT 01/07 Kelurahan/Kecamatan Lembursitu dan di Jalan Bhayangkara, Gang Gelatik I, RT 03/04, Kelurahan/Kecamatan Gunungpuyuh.

Selanjutnya, angin puting beliung terjadi di Jalan Pramuka II, Kampung Sawah Lega, RT 06/04, Kelurahan/Kecamatan Citamiang. Bencana longsor di Kampung Kadulawang, Bendungan Sungai Cipelang, wilayah RT 04/02, Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu dipicu akibat jebolnya bendungan sungai.

Bencana cuaca ekstrem di Kampung Garung RT 01/07, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh mengakibatkan satu rumah rusak akibat kondisinya sudah lapuk. Bencana yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugiannya mencapai Rp311 juta.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023