Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengimbau masyarakat Bandung untuk turut mengibarkan Bendera Merah Putih selama Bulan Agustus 2023 sesuai instruksi pemerintah pusat dalam SE Menteri Sekretaris Negara tentang pedoman peringatan HUT RI ke-78 tahun 2023.

"Surat edaran ini harus kita patuhi, terlebih juga pemasangan bendera satu bulan penuh dalam memperingati HUT RI sudah biasa," kata Ema di Bandung, Selasa.

Baca juga: Pasar Kreatif Bandung cetak omzet Rp6,7 miliar

Dalam SE Mensesneg tersebut, dijelaskan bahwa masyarakat diharapkan dapat mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing terhitung 1 hingga 31 Agustus. Masyarakat dapat memasang bendera terhitung, Selasa 1 Agustus.

Dengan pemasangan Bendera Merah Putih selama satu bulan kata Ema, selanjutnya masyarakat harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam mengisi hari kemerdekaan.

Mengingat, kata Ema, saat ini pemerintah pusat juga memberlakukan bahwa pandemi ini telah menjadi endemi sehingga dalam melaksanakan kegiatan HUT ke-78 RI mendatang relatif tidak masalah dilaksanakan dengan banyak orang.

"Seperti kemarin saat event Asia Africa Festival yang menunjukkan bahwa tingkat kerapatan masyarakat sudah sebegitunya. Artinya saya pikir sudah tidak ada masalah, untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang, namun tetap harus waspada dan memiliki kesadaran," ucap Ema.
Kesadaran diri, kata Ema, harus dimiliki masyarakat, khususnya yang merasa kurang sehat, agar untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker.

"Kalau ada orang yang merasa kurang sehat, mereka harus tetap melakukan protokol kesehatan. Minimal pakai masker, atau tidak melakukan bepergian. Pulihkan dahulu kesehatannya, sebelum mereka merasa yakin telah kembali sehat," ujarnya.

Baca juga: Kota Bandung telah capai 100 persen bebas BAB sembarangan

Selain itu, Ema pun meminta kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan aktivitas penggalangan dana di ruas jalan.

"Karena kegiatan tersebut, tidak ada kolerasi dengan semangat dalam rangka menyambut kemerdekaan RI," tuturnya.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023