Wakil Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Iyos Somantri mengatakan kader pembangunan manusia (KPM) memiliki peran penting membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan dan mencegah kasus stunting di kabupaten itu.

"Para KPM yang sudah mendapatkan pelatihan memiliki peranan yang luar biasa dalam mencegah stunting. Kami pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada Forum KPM Kabupaten Sukabumi yang semangat dan terus berjuang mencegah stunting," katanya di Sukabumi pada Senin.

Menurut Iyos, perjuangan dalam mencegah stunting perlu kegigihan, karena dalam penanganan kasus gagal tumbuh pada balita ataupun bayi harus berkesinambungan dan berkelanjutan serta tentunya terdata perkembangan kondisi kesehatan pasien.

Maka dari itu, keberadaan KPM ini tentunya akan menambah kekuatan bagi Pemkab Sukabumi dalam upaya mencegah terjadinya kasus stunting baru di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini.

Personel KPM yang tersebar di setiap kecamatan juga sangat efektif dalam melaksanakan intervensi terhadap kasus stunting serta pendataannya pun bisa lebih cepat. Sehingga jika ditemukan adanya kasus stunting bisa dengan cepat ditangani dengan melakukan berbagai intervensi seperti pemberian asupan makanan yang bergizi serta makanan tambahan lainnya.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023