Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat melibatkan semua unsur masyarakat maupun instansi pemerintahan untuk turun melakukan bersih-bersih lingkungan objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Bagendit menjelang peresmian rencananya oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami terjunkan dinas seluruhnya untuk turun, untuk turun ke lapangan juga, kami juga mengundang seluruh para pecinta lingkungan, PMI turun, Pramuka turun, dan juga saya yakin lembaga-lembaga yang ada di masyarakat juga bisa ikut turun membersihkan Bagendit," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, di Garut, Senin.

Ia menuturkan Pemkab Garut berupaya mempersiapkan ekosistem dan keindahan Situ Bagendit sebelum dilaksanakannya peresmian objek wisata kelas dunia itu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Agustus 2023.

Upaya persiapan itu, kata dia, Pemkab Garut meminta bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) agar menurunkan kapal dan alat berat untuk membersihkan kawasan Situ Bagendit yang memiliki luas sekitar 100 hektare.

"Kami sekarang sedang minta bantuan kepada BBWS menurunkan kapal besarnya, beko yang amphibi, kami sudah komunikasikan," katanya pula.

Asisten Daerah 3 Bidang Administrasi Umum Pemkab Garut Budi Gan Gan Gumilar menyampaikan, kegiatan membersihkan kawasan wisata Situ Bagendit itu merupakan bagian dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut bentuk keberpihakan pemerintah daerah terkait dengan kebersihan lingkungan yang fokus penanganan kawasan perairan, khususnya mengatasi pertumbuhan eceng gondok yang saat ini kondisinya memprihatinkan.

"Kami akan bersihkan, dari seluruh SKPD kami akan turun ke sana bersama dengan masyarakat supaya lingkungan yang ada di Situ Bagendit itu menjadi asri dan bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat," kata Budi.
Pelaksana Harian Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Garut Gatot Subagio menyatakan, kegiatan Bebersih Situ Bagendit itu akan dilaksanakan 26 Juli 2023 menggabungkan semua tenaga lapangan dengan penggunaan alat berat.

Hasil evaluasi persiapan acara, kata dia, akan memfokuskan penanganan kawasan perairan untuk membersihkan tanaman eceng gondok saat ini tumbuh banyak di kawasan Situ Bagendit yang penanganannya membutuhkan peralatan khusus dan banyak orang.

Ia berharap setelah adanya kegiatan tersebut, nantinya pengelola Situ Bagendit secara berkelanjutan bisa menjaga kebersihan kawasan wisata di area daratan maupun perairan.

"Jadi kita harus tetap menjaga kondisinya, selain itu juga Bagendit selain fungsi wisata, juga di sana ada fungsi perikanan dan lain-lain, ini yang kita perlu jaga," katanya lagi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Garut melibatkan semua unsur bersihkan Situ Bagendit

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023