Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Pengangguran Daerah (TKP3D) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berkomitmen mengoptimalkan penyerapan calon tenaga kerja lokal ke sejumlah perusahaan di daerah itu.

"Kinerja TKP3D sejauh ini sudah sesuai jalur, berdasarkan tujuan pembentukan. Sudah tepat dan ada kemajuan yang dihasilkan," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi Andi Akbar di Cikarang, Senin.

Berdasarkan hasil pendataan penempatan tenaga kerja di Kabupaten Bekasi periode Januari-Desember 2022, lanjutnya, 136 perusahaan menyerap 50.637 tenaga kerja dan dari jumlah tersebut 16.838 tenaga kerja merupakan warga lokal beridentitas KTP Kabupaten Bekasi, melebihi target yang hanya 12.000 tenaga kerja lokal.

"Untuk periode Januari sampai Juni tahun ini, penyerapan tenaga kerja lokal yang diterima di berbagai perusahaan sudah mencapai 5.308 orang," kata Andi yang juga bagian dari TKP3D Kabupaten Bekasi.

Pihaknya mengaku terus melakukan sosialisasi terkait pelaporan lowongan pekerjaan serta penempatan tenaga kerja dari perusahaan guna memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal ke dunia industri. Pihaknya juga terus bekerja sama terkait penempatan dan penyusunan data tenaga kerja lokal dengan sejumlah perusahaan di kawasan industri.

TKP3D Kabupaten Bekasi juga berupaya memberikan pelayanan dan penyediaan informasi pasar kerja daring yakni pameran bursa kerja virtual Kabupaten Bekasi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2022 dan diumumkan melalui laman jobfair.kemnaker.go.id dan akun Siap Kerja.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023