Mulai Agustus 2023, QRIS bisa dipakai untuk transfer, tarik, hingga setor tunai. Kebijakan ini merupakan bagian dari fitur Quick Response Code Indonesian Standard Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS).

"Peluncuran fitur Quick Response Code Indonesian Standard Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS) rencananya akan dilakukan pada Agustus 2023," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta di Jakarta, Kamis.

Filianingsih mengatakan hingga saat ini sudah ada 16 peserta yang siap piloting untuk fitur ini.

"Piloting sudah dilakukan sejak 2021 dan di 2022 sudah soft launching saat di Bali, mudah-mudahan di Agustus nanti bisa grand launching," ujar Filianingsih dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur Bulan Juni 2023 di Jakarta.

Filianingsih mengatakan setidaknya terdapat tiga manfaat yang diharapkan dari fitur QRIS TUNTAS dalam meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Pertama, optimalisasi sumber dana agar bisa dipakai bisa untuk berbagai kegiatan, tidak hanya simpanan tetapi menambah fungsi sebagai uang elektronik.

Manfaat kedua yakni meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas lantaran nantinya melalui fitur TUNTAS, QRIS bisa digunakan antara bank dengan bank, bank dengan non bank, maupun nonbank dengan nonbank.

Ia melanjutkan, manfaat ketiga yang diharapkan yaitu mendorong inklusi keuangan karena nantinya fitur QRIS TUNTAS bisa digunakan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

"Jadi jika di daerah tersebut tidak ada ATM maupun bank, transaksi transfer, tarik, maupun setor tunai bisa dilakukan selama ada merchant QRIS," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan adopsi QRIS semakin meluas, tercermin pada penambahan jumlah pengguna dan merchant QRIS, yang pada Mei 2023 telah mencapai masing-masing 35,8 juta dan 26,1 juta, dengan total volume transaksi sebesar 744 juta, sejalan dengan pengembangan fitur QRIS di domestik dan antarnegara.

"BI berterima kasih kepada masyarakat luas, khususnya wong cilik, para penjual bubur, penjual sayur, warteg, pasar tradisional, rumah ibadah, hingga pengamen yang sudah menggunakan QRIS," kata Perry.

Ia menekankan bahwa Bank Sentral bersama industri dan asosiasi sistem pembayaran berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperluas kemudahan layanan, termasuk QRIS.

BI ajak warga manfaatkan QRIS

Deputi Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta juga mengajak masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran melalui pembayaran digital, salah satunya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
 
Fili mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak membawa dompet saat bepergian, sebab dengan menggunakan telepon pintar maka pembayaran dapat dilakukan selama saldo di dalam akun bank tersedia.
 
"Bapak Ibu dompet boleh ketinggalan tetapi jangan sampai ketinggalan handphone. Kalau handphone ketinggalan repot gitu ya karena sekarang transaksi sudah dilakukan melalui QRIS,” kata Filianingsih saat membuka JaKreatiFest, di Jakarta.
 
Penggunaan sistem pembayaran yang diluncurkan pada 2019 lalu ini, akan terus diedukasi ke masyarakat termasuk pelaku UMKM sebagai pilihan pembayaran yang cepat, mudah, murah dan andal.
 
Fili melaporkan, BI mencatat transaksi yang dilakukan melalui QRIS hingga Mei 2023 sebanyak 26 juta merchant yang 90 persen dari total tersebut merupakan UMKM.

"QRIS kita mempunyai target 45 juta pengguna dan Rp1 miliar transaksi sampai dengan posisi Mei 2023 sudah tercapai 26 juta merchant, yang 90 persennya UMKM," katanya pula.
 
Ia turut melaporkan, penggunaan QRIS juga sudah dapat dilakukan di negara Malaysia dan Thailand.
 
Target lain, QRIS akan dapat digunakan di Singapura, India, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi pada akhir tahun 2023.
 
Upaya ini diharapkan mampu mendongkrak transaksi lebih efektif, mempromosikan ekonomi inklusif dan keuangan digital, memperkuat stabilitas makro ekonomi dengan mempromosikan penggunaan mata uang lokal secara lebih ekstensif untuk transaksi bilateral.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: QRIS bisa untuk transfer, tarik, dan setor tunai mulai Agustus

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023