Para personel dari Polrestabes Bandung diturunkan ke sejumlah titik untuk membantu membersihkan tempat peribadatan warga Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-77 Bhayangkara.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan tempat peribadatan yang dibersihkan itu meliputi mesjid, gereja, dan vihara. Selain itu, menurutnya acara pembersihan tempat ibadah itu juga dilakukan khususnya di Kampung Toleransi Lengkong yang memiliki beragam tempat ibadah.

Baca juga: Polrestabes Bandung tambah sub sektor guna akomodasi layanan warga

"Hari ini jajaran Polrestabes Bandung serentak mengerjakan bakti sosial, dengan membersihkan seluruh rumah ibadah yang ada di kawasan Polrestabes Bandung," kata Budi di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Menurutnya para personel yang diturunkan itu berasal dari berbagai satuan hingga setiap Polsek. Adapun objek yang dibersihkan itu mulai dari area dalam, area ibadah, hingga area halaman tempat peribadatan.

Selain membantu membersihkan tempat ibadah, menurutnya para personel kepolisian juga turut memberikan bantuan terhadap para pengurus di tempat-tempat peribadatan.
Dia mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi contoh baik serta membuat masyarakat merasa tenang dan nyaman dengan kehadiran personel kepolisian. Tak menutup kemungkinan menurutnya kegiatan itu dilakukan setiap bulan.

Ketua DKM Masjid Al-Amanah di Kampung Toleransi Lengkong, Andri Biana mengatakan kegiatan kepolisian itu merupakan salah satu bentuk toleransi dalam beragama sesuai dengan sikap masyarakat di kampungnya itu.

Baca juga: Polrestabes Bandung amankan 68 orang geng motor yang resahkan warga

Terkadang, kata dia, masyarakat yang berbeda-beda agama di kampungnya itu sering saling membantu satu sama lain. Sehingga menurutnya tidak pernah ada pertengkaran antar warga meski berbeda-beda keyakinan.

"Kami sering kerja sama saling membantu selama masyarakat. Bahkan ada kegiatan bersama seperti pas buka puasa," kata Andri.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023